Syarat Perpanjang STNK 2019 : Tahunan & 5 Tahun

Advertisement

Syarat Perpanjang STNK 2019 – Ada satu peraturan yang wajib kita ikuti sebagai salah satu warga Indonesia yang taat hukum, yakni membayar pajak motor tahunan atau sering disebut juga perpanjang STNK. Yah, setiap tahunnya STNK harus diperpanjang agar sepeda motor dapat dioperasikan sebagia mana mestinya. Apabila tidak diperpanjang, maka kita harus siap-siap kena tilang apabila ada razia polisi.

Tak hanya memperpanjang STNK satu tahun sekali, namun kita juga harus memperpanjang STNK setiap 5 tahun sekali. Pasalnya STNK semua motor hanya berlaku selama 5 tahun, sesuai ketentuan yang ditetapkan pada Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Dimana pada ayat ke-3 tertulis bahwa “STNK berlaku selama 5 tahun sejak tanggal diterbitkan pertama kali perpanjangan, dan harus dimintakan pengesahan setiap tahun”.

Peraturan di atas dapat diartikan bahwa motor yang belum membayar pajak maka STNK-nya belum disahkan. Polisi berhak menilang semua pengendara sepeda motor yang STNK-nya mati, karena STNK yang masih hidup merupakan salah satu kelengkapan berkendara, termasuk SIM, Helm, lampu motor, dll. Nah agar lebih jelas mengenai peraturan tersebut, silahkan masbro mengujungi situs http://korlantas.polri.go.id yang menjelaskan secara pasti resiko motor yang belum membayar pajak tahunan.

Setelah mengerti akan pentingnya membayar pajak motor tahunan ataupun 5 tahun, maka sobat wajib membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku. Lagi pula syarat perpanjang STNK tahunan ataupun 5 tahun tergolong sangat mudah. Sobat bisa memilih cara online ataupun datang langsung ke Samsat terdekat. Sekarang juga sudah ada Samsat Keliling dan Samsat Drive Thru yang akan mempermudah proses perpanjangan STNK.

Baca Juga   8 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Terbaru 2019

Syarat perpanjang STNK tak ribet. Kita hanya perlu membawa beberapa dokumen dan uang untuk membayar pajak. Namun apabila memperpanjang STNK 5 tahunan, maka syarat perpanjang STNK tersebut sedikit berbeda. Pasalnya proses perpanjang STNK 5 tahunan hanya bisa dilakukan di kantor Samsat. Nah untuk mengetahui bagaimana cara dan syarat perpanjang STNK, silahkan simak informasi playon.co.id berikut ini.

Syarat Memperpanjang STNK Terbaru 2019

1. Syarat Perpanjang STNK Tahunan Di Samsat Drive Thru

Syarat Perpanjang STNK Tahunan Memperpanjang STNK tahunan sangat mudah. Kita bisa menggunakan layanan Samsat Drive Thru yang prosesnya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Selain itu, kita juga bisa menggunakan layanan Samsat Online. Syarat perpanjang STNK Online juga sama, namun nantinya kita harus tetap ke kantor Samsat untuk melakukan pengesahan STNK. Alternatif lainnya adalah menggunakan layanan Samsat Keliling yang biasanya ditempatkan di beberapa lokasi keramaian pada hari-hari tertentu.

Bagi yang ingin perpanjang STNK secara cepat dan mudah, kami lebih menyarankan memakai layanan Samsat Drive Thru. Prosesnya memang sangat cepat, bahkan apabila tidak mengantri hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Lalu apa sajakah syaratnya ? Nah untuk mengetahui apa saya syaratnya, silahkan simak informasi berikut ini.

  1. Membawa KTP Asli sesuai nama yang tertera pada STNK. Bagi yang motornya belum pindah nama, maka harus meminjam KTP pada pemilik sebelumnya.
  2. Membawa STNK Asli yang akan diperpanjang. Untuk berjaga-jaga kami sarankan untuk membawa foto copy STNK dan KTP.
  3. Membayar pajak motor sesuai biaya yang ditentukan. Apabila membayar pajak motor secara online juga bisa membawa bukti pembayaran lalu diserahkan ke kasir, dan kemudian tinggal meminta pengesahan STNK yang baru.

Yah, hanya ada 3 syarat perpanjang STNK tahunan. Lalu apakah harus membawa BPKB saat perpanjang STNK tahunan ?. Sekarang BPKB bukanlah syarat wajib saat membayar pajak motor tahunan. Alhasil kita tidak perlu meminta surat keterangan BPKB dari pihak leasing apabila motor yang kita miliki masih dalam status kredit. Owh yah, syarat perpanjang STNK tahunan di atas juga berlaku saat kita memperpanjang STNK mobil.

Baca Juga   Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan WAJIB TAHU

2. Syarat Perpanjang STNK Tahunan Di Samsat Keliling

Syarat Perpanjang STNK Tahunan Di Samsat KelilingBagi yang tidak sempat ke Samsat Drive Thru karena terkendala jarak dan waktu, maka kami sarankan untuk menggunakan layanan Samsat Keliling yang biasanya hadir di setiap kecamatan dalam waktu tertentu. Proses pelayanan Samsat keliling juga sama cepatnya dengan Samsat Drive Thru. Pasalnya tak sampai 10 menit proses perpanjangan STNK sudah selesai. Namun apabila mengantri, maka prosesnya akna berjalan lebih lama. Lalu apa saja syaratnya ?

  1. KTP Asli
  2. STNK Asli
  3. Fotocopy STNK dan KTP

Syarat perpanjangan STNK di Samsung keliling hanya perlu membawa STNK dan KTP asli. Namun ada baiknya membawa fotocopy STNK dan KTP, karena tidak menutup kemungkinan peraturan di beberapa daerah berbeda-beda. Setelah semua berkas tersebut siap, maka selanjutnya tinggal datang ke gerai Samsat keliling, lalu menyerahkan berkas tersebut ke petugas Samsat Keliling. Setelah dipanggil, kita tinggal membayar pajak motor dan STNK yang baru langsung jadi.

Apabila tidak mengantri, proses perpanjangan STNK dengan Samsat keliling hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. Alhasil waktu tidak akan terbuang sia-sia. Berbeda dengan membayar perpanjangan STNK di kantor Samsung yang biasanya harus mengantri dalam waktu lama. Menariknya lagi, syarat perpanjang STNK di Samsat Keliling tidak dikenakan biaya Adminstrasi.

3. Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun Di Kantor Samsat

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun Di Kantor SamsatSetelah mengetahu apa saya syarat perpanjang STNK setiap 1 tahun sekali, maka sekarang giliran membahas mengenai syarat perpanjang STNK 5 tahunan. Syaratnya memang berbeda, karena untuk membayar pajak motor 5 tahunan harus dilakukan di kantor Samsat dan membawa BPKB yang asli. Prosesnya juga berbeda, dan terkesan lebih ribet dibandingkan perpanjang STNK 1 tahunan yang prosesnya lebih cepat. Nah sebelum membahas bagaimana proses dan caranya, mari kita simak terlebih dahulu syarat perpanjang STNK 5 tahunan dibawah ini.

  1. Syarat perpanjang STNK 5 tahunan yang pertama adalah memembawa STNK asli lalu di fotocopy sesuai syarat di masing-masing kantor Samsat.
  2. Membawa BPKB Asli sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.
  3. KTP juga wajib dibawa dan harus sesuai dengan yang tertera pada STNK serta BPKB
  4. Kendaraan yang akan dibayar pajaknya wajib dibawa untuk dilakukan pengecekan fisik pada nomor rangka dan nomor mesin
  5. Syarat yang terakhir adalah membayar pajak sesuai beban panjang yang ditanggung masing-masing kendaraan
Baca Juga   Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami & Paling Ampuh

Proses perpanjangan STNK 5 tahunan pada motor dan mobil juga sama. Kita harus membawa kendaraan yang bersangkutan untuk dilakukan pengecekan fisik pada nomor rangka dan nomor mesin. Selanjutnya kita harus mengikuti beberapa proses birokasi lainnya sampai nantinya STNK dapat diperpanjang dan mendapatkan plat nomor baru. Yah, perpanjangan STNK 5 tahun memang berguna untuk registrasi ulang nomor kendaraan, sehingga nantinya mendapatkan plat nomor yang baru.

Nah itulah beberapa syarat perpanjang STNK 1 tahunan dan 5 tahunan untuk semua kendaraan bermotor, baik itu motor ataupun mobil. Semua syaratnya juga sama, jadi tinggal kita yang memilih akan memakai layanan Samsung Keliling, Samsung Drive Thru, atau datang langsung ke kantor Samsat. Demikian informasi yang kami sampaikan kali ini, dan jangan lupa simak informasi mengenai syarat membuat BPJS kesehatan yang kami sampaikan pada artikel playon.co.id sebelumnya.

4.5/5 (2 Reviews)
Advertisement