Syarat Membuat NPWP Pribadi 2019 : Paling UPDATE

Advertisement

Syarat Membuat NPWP 2019 – Belum banyak yang tahu NPWP merupakan kartu wajib yang harus dimiliki oleh warga Indonesia ataupun badan usaha yang sudah memenuhi beberapa kriteria. Sedangkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP) adalah nomor yang diberikan Negara kepada Wajib Pajak baik perorangan maupun perusahaan sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang bertujuan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam nantinya melaksanakan hak dan kewajiban dalam urusan berbagai urusan perpajakan di Indonesia.

NPWP sendiri dijadikan sebagai sarana administrasi perpajakan dan juga acuan untuk membayar pajak baik perseorangan maupun kelompok usaha. Bahkan NPWP sudah menjadi persyaratan utama sejumlah pelayanan umum seperti Syarat pengajuan Kredit Pembuatan Paspor DLL. Maka dari itu pentinganya memiliki NPWP harusnya juga membuat sobat Playon segera membuat NPWP jika belum memilikinya.

Sama halnya dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang wajib dimiliki warga Indonesia yang telah memenuhi syarat tertentu, NPWP pun demkian wajib dimiliki oleh orang yang sudah memenuhi wajib pajak. Bahkan bagi wajib pajak yang sudah memenuhi segala ketentuan untuk memiliki NPWP namun belum mendaftarkan dirinya maka dapat diekenakan sanksi menurut undang-undang yang berlaku.

Karena sangat pentingnya membuat NPWP maka di wajibkan untuk membuat NPWP bagi sobat yang merasa sudah cukup memiliki persyaratan. Beberapa kemudahan dalam membuat NPWP juga disediakan pemerintah salah satunya dengan adanya Membuat NPWP Secara Online. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah Cara Dan Syarat Membuat NPWP Terbaru yang bisa sobat aplikasikan.

Syarat Membuat NPWP Terbaru 2019

syarat Membuat NPWP Terbaru

Syarat Membuat NPWP

Ada beberapa syarat membuat NPWP terbaru yang harus dipenuhi calon Wajib Pajak, Mulai dari fotocopy beberapa dokumen penting seperti KTP, Kartu Keluarga dan juga surat pernyataan dan juga berkas-berkas pendukung lainnya. Tak hanya itu saja untuk Warga Negara Asing yang tinggal lama di Indonesia juga diwajibkan untuk Memiliki NPWP tentunya dengan berbagai sarat dan ketentuan yang ada.

Baca Juga   Makanan Sehat Ibu Hamil, Lezat dan Aman 2019

1. Wajib Pajak Pribadi “Wanita Sudah menikah yang ingin hak dan kewajiban pajaknya terpisah dengan suami”

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KITAS/KITAP (WNA)
  • Fotocopy NPWP kepala rumah tangga (Suami)
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Dokumen perpajakan luar negeri (Jika Suami WNA Fotocopy)
  • Fotocopy surat perjanjian yang menerangkan pemisahan penghasilan dengan suami

Yang pertama kriteria pewajib pajagk perembuan yang sudah menikah namun ingin memiliki NPWP sendiri dengan berbagai alasan, ataupun sang Suami merupakan warga negara asing (WNA). Adapun beberapa syarat yang diperlukan adalah beberapa dokumen fotocopy pelengkap. Yang penting adlah surat perjanjian ataupun surat pernyataan diatas materai yang menerangkan pemisahan penghasilan dengan suami.

2. Wajib Pajak Pribadi “Yang Menjalankan Usaha Atau Pekerjaan Bebas)

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KITAS/KITAP (WNA)
  • Fotocopy izin usaha yang diterbitkan instansi berwenang dan sejenisnya.
  • Surat pernyataan diatas materai yang menerangkan Bener-bener menjalakan usaha

Syarat membuat NPWP yang kedua adalah untuk pewajib pajak pribadi yang sudah atau sedang menjalankan usaha ataupun yang sedang bekerja di perusahaan dan sudah memenuhi syarat-syarat untuk memiliki NPWP.

3. Wajib Pajak Pribadi Yang Tidak Menjalankan Usaha

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Paspor, KITAS, KITAP (WNA)

Ada 3 kriteria yang ditetapkan Pemerintah Indonesia untuk pewajib pajak yang pertama Wajib Pajak pribadi kedua wajib pajak pribadi yang menjalankan usaha dan juga yang ketiga wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha. Untuk sobat yang akan membuat NPWP dipastikan harus mengerti ketiga kriteria tersebut sebelum nantinya menyiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dalam syarat membuat NPWP.

Cara Terbaru Membuat NPWP Pribadi ONLINE/OFFLINE

Cara Membuat NPWP TerbaruAda dua cara membuat NPWP baik secara online ataupun offline, namun untuk mempermudah Dirjen Pajak telah memperkenalkan cara pendaftaran NPWP melalui internet atau lebih dikenal dengan e-Registration (E-REG DJP). Dimana dengan adanya cara tersebut tentunya akan semakin mempermudah sobat dalam mengurusi Syarat Membuat NPWP. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Akses website resemi Direjen Pajak KLIK DISINI
  2. Setelah masuk ke website tersebut sobat Playon langsung masuk ke menu e-Registration.
  3. Silahkan klik menu daftar untuk selanjutnya disuruh membuat AKUN
  4. Lakukan aktivasi akun, dimana nanti sobat disuruh registrasi dengan mengisikan alamat email pribadi. Masukan balasan beberapa digit kode yang diberikan kepada akun sobat lalu isikan ke menu yang ada di Webiste tersebut.
  5. Setelah verifikasi berjalan lanjutkan dengan mengisi data pribadi yang tersedia di website. isikan dengan benar.
  6. Jika sudah diisi dengan benar selanjutnya adalah kirim form pada menu daftar yang ada di website
  7. Cetak Print, hal wajib berikutnya adalah sobaw wajib cetak print dua Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang terdapat pada website sebagai bukti bahwa sudah melakukan pendaftaran online.
  8. Langkah selanjutnya adalah dengan mengimkanFormulir Registrasi Wajib Pajak ke KPP.
Baca Juga   Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan : Wajib Tahu

NB : SYARAT MEMBUAT NPWP DAN CATA MEMBUAT NPWP BISA BERUBAH SEWAKTU-WAKTU TERGANTUNG KEBIJAKAN INSTANSI TERKAIT

Adapun cara membuat NPWP secara offline sangatlah gampang hanya membutuhkan kesabaran untuk mengantri di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di kabupaten sobat playon. setelah syarat-syarat tersebut tersedia sobat hanya tinggala melanjutkan ke KPP untuk mengurusi pembuatan NPWP. Namun jika terasa jauh ataupun waktu sobat kurang sobat bisa menggunakan jasa ekspedisi ataupun kantor POS. Demikian artikel menggenai Syarat Membuat NPWP dilengkapi juga dengan Cara Membuat NPWP Terbaru semoga bisa bermanfaat jangan lewatkan juga artikel kami sebelumnya menggenai Cara Melacak Plat Nomor Kendaraan Bermotor pada artikel PLAYON.CO.ID sebelumnya. “Semoga Bermanfaat”

5/5 (1 Review)
Advertisement