25 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Playon.co.id – Manfaat kopi bagi kesehatan rupanya sangat besar. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui bahwasanya kopi memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus bagi tubuh asalkan diminum sesuai takaran dan tidak berlebihan. Berbagai nutrisi yang terkandung didalam kopi terbukti bisa mencegah berbagai macam penyakit yang membuat hidup lebih sehat.

Semua orang pasti ingin sehat, dan cara paling gampang adalah meminum kopi. Lagi pula kopi merupakan salah satu minuman yang enak dinikmati di berbagai suasana dan harganya tergolong sangat murah. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis kopi, dan hampir disetiap daerah memiliki ciri khasnya tersediri, seperti Kopi Toraja, Kopi Lampung, Kopi Lasem, Kopi Aceh, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada baiknya minum kopi hasil gilingan dari petani kopi, bukan kopi sachet yang kemungkinan mengandung bahan kimia dan bahan pengawet yang justru beresiko terhadap kesehatan. Kandungan nutrisi pada kopi bisa saja hilang apabila tidak diolah secara baik dan tercampur dengan berbagai bahan kimia yang lama kelamaan menjadikan tubuh rawan terkena penyakit berbahaya.

Sebelum membahas terlalu jauh mengentai manfaat kopi bagi kesehatan maupun kecantikan, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kopi. Untuk mengetahuinya silahkan lihat di bawah ini.

  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
  • Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

AKG adalah singkatan dari “Angka Kecukupan Gizi”. Angka di atas sesuai standar resmi yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia berdasarkan peraturan Menkes RI Nomer 75 Tahun 2013 yang berisi tentang angka kecukupan gizi yang dianjurkan untuk masyarakat Indonesia. Lalu apa sajakah manfaat kandungan gizi di atas bagi kesehatan kita ?

Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Antioksidan yang terdapat didalam kopi dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar dan kanker liver. Manfaat kopi ini telah terbukti dengan hasil penelitan dari Jepang yang membuktikan bahwa wanita yang rutin meminum kopi 2 kali sehari mengalami penurunan resiko terjadinya kanker usus besar sebesar 25%.

2. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Pada sebuah jurnal penelitian berjudul ‘Archives of Internal Medicine‘, membuktikan bahwa meminum satu cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko diates tipe 2 sebesar 7 persen. Manfaat kopi ini juga diperkuat oleh sebuah survei yang dilakukan oleh UCLA School of Public Health and Medicine dengan melibatkan lebih dari 700 perempuan yang sebagian besar sudah mengalami menopause. Hasil survey tersebut membuktikan bahwa wanita yang meminium 4 cangkir kopi sehari mampu mengurangi resiko terjadinya diabetes tipe 2 hingga 50%.

3. Meningkatkan Stamina

Sudah menjadi rahasia umum bahwa meminum kopi bisa mengurangi rasa ngantuk. Manfaat kopi ini tidak lepas dari kandungan zat kafein yang tinggi, sehingga bisa memperlambat kinerja sel Adenosolin yang menjadi penyebab utama rasa ingin tidur pada otak.

4. Mengurangi Tesiko Penyakit Alzheimer dan Demensia

Orang yang berusia 65 tahun ke atas sangat beresiko terkena penyakit Alzheimer. Untuk mengantisipasinya bisa meminum kopi secara rutin yang bermanfaat mencegah penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa resiko peminum kopi untuk terkena penyakit Azheimer jauh lebih kecil hingga 65% dibandingkan orang yang tidak meminum kopi.

5. Manfaat Kopi Bisa Mengurangi Resiko Terkena Parkinson

Parkinson adalah sebuah penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami penurunan kemampuan saraf. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembukan penyakit Parkinson. Oleh karena itulah kita harus bisa mencegah penyakit ini datang ke tubung kita. Cara yang paling gampang adalah meminum kopi secara rutin dikarenakan kafein yang terkandung di dalam kopi bisa menguragi resiko terkena penyakit Parkinson sekitar 32-60%.

6. Manfaat Kopi Bisa Mengurangi Resiko Terkena Stroke

Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, baik orang tua maupun anak muda. Resiko penyakit stroke bisa dikurangi dengan meminum kopi secara rutin. Manfaat kopi ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengatakan bahwa resiko terjadi penyakit stroke pada peminum kopi lebih rendah 20% dibandingkan orang yang tidak meminum kopi.

7. Mengurangi Resiko Terkena Encok

Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 50.000 pria membuktikan bahwa konsumsi kopi secara rutin bisa mengurangi resiko terkena penyakit Encok yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat didalam jaringan ikat.

8. Mengurangi Resiko Kebutaan

Resiko terjadinya kebutaan yang disebabkan oleh kejang-kejang di sekitar kelopak mata bisa diantisipasi dengan meminum kopi.

9. Mengurangi Rasa Depresi

Banyak pikiran dan beban membuat sebagian orang mengalai depresi. Apabila depresi berlarut-larut maka bisa menyebabkan gangguan kejiwaan. Rasa depresi bisa dikurangi apabila rutin meminum kopi seperti sebuah penelitan yang dilakukan oleh Hardvard pada tahun 2011. Pada penelitian tersebut membuktikan bahwa wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki peluang 20% lebih rendah untuk terkena depresi.

10. Mencegah Terjadinya Bunuh Diri

Manfaat kopi yang satu ini masih berhubungan dengan rasa depresi yang dialami seseorang. Rasa ingin bunuh diri biasanya terjadi karena depresi berlarut-larut yang meyebabkan ganguan kesehatan jiwa. Pada sebuah penelitian yang mengikutsertakan 208.424 orang membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi 4 gelas sehari atau lebih memiliki peluang bunuh diri lebih rendah, hingga 53%.

11. Menjaga Kesehatan Hati

Beberapa penelitian menujukan bahwa Kafein yang terkandung didalam kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan hati dari berbagai macam penyakit, seperti primary sclerosing cholangitis (PSC) yang merupakan penyakit autoimun langka yang bisa mengakibatkan gagal hati dan sirosis hati.

12. Bisa Menurunkan Berat Badan

Sebagian orang merasa kenyang setelah meminum kopi. Inilah salah satu manfaat kafein yang dapat membantu menekan nafsu makan. Meskipun bisa membantu diet, namun ada baiknya kita mengimbangi kafein yang masuh ke dalam tubuh dengan makanan-makanan sehat yang bisa membantu nutrisi tubuh agar tidak merasa lemas dan letih.

13. Mencegah Gigi Berlubang

Penelitian dari Brazil membuktikan bahwa kopi hitam tanpa gula bisa membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Namun manfaat kopi tersebut akan hilang apabila kita menambahan gula atau susu ke dalam kopi, jadi lebih baik meminum kopi pahit agar manfaatnya semakin maksimal.

14. Sebagai Sumer Antioksidan

Ada banyak kandungan pada kopi, seperti Kafein, Kromium, Magensium, dan Antioksidan. Semuanya bermanfaat bagi tubuh, namun yang paling penting adalah kandungan antioksidan pada kopi yang sangat bermanfaat sebagai penangkal radiasi bebas agar terhindar dari penyakit degeneratif yang umumnya diakibatkan oleh gaya hidup tidak sehat, sehingga menyebabkan perubahan secara bertahap pada sel-sel tubuh yang kemudian bisa merusak fungsi organ penting dalam tubuh.

15. Mencegah Penuaan Dini

Semua orang pasti akan tua. Namun tak jarang orang tua mengidap berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan hipertensi. Resiko penyakit penuanan tersebut bisa dikurangi dengan rutin meminum kopi. Sebagai buktinya adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh David Furman, profesor di Institute for Immunity, Transplantation and Infection, Stanford University yang membuktikan bahwa orang tua yang memiliki rutinitas meminum kopi setiap harinya menunjukan tingkat lebih rendah terkena penyakit penuaan kronis.

16. Menambah Daya Ingat

Daya ingat seseorang akan semakin menurun seiring bertambahnya umur. Penurunan daya ingat sebenarnya bisa dikurangi dengan rutin meminum kopi. Manfaat kopi yang satu ini sudah terbukti dengan berbagai penelitian yang membuktikan bahwa rutin meminum kopi membuat pikiran bebas dari stress dan depresi, sehingga daya ingat selalu optimal.

17. Melancarkan Metabolisme dalam Tubuh

Bebagai macam penyakit bisa terjadi karena gangguan metabolisme dalam tubuh yang menyebabkan penghambatan pada peredaran darah , seperti penyakit jantung, stroke, hingga kanker. Agar hal ini tidak terjadi, anda bisa rutin memium secangkir kopi hitam yang pahit untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh.

18. Mampu mengurangi Kadar Kolesterol dalam Darah

Selain kafein, kopi memiliki kandungan kromium dan zat magnesium yang bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat dalam darah. Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat, seperti jantung dan stroke.

19. Meningkatkan Keperkasaan Pria

Akhir-akhir ini semakin banyak beredar obat kuat berbahan kopi. Kami sarankan untuk tidak membelinya, karena biasanya memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh. Lebih baik kita membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan kopi beserta gingseng, pasak bumi, dan berbagai tanaman herbal lainnya yang bermanfaat untuk menjaga dan menambah stamina tubuh.

20. Menambah Jumlah Serat

Sulit buang air besar biasanya dikarenakan oleh kurangnya jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengatasinya bisa meminum satu gelas kopi yang setara dengna 1.8 gram serat. Sedangkan jumlah serat yang direkomendasikan adalah 20-38 gram, sehingga kita harus tetap mengimbanginya dengan berbagai makanan berserat lainnya.

Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

Inilah Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

Tidak hanya membuat hidup menjadi lebih sehat, kopi juga bermanfaat sebagai media perawatan kecantikan. Ada banyak sekali manfaat kopi bagi kecantikan wajah maupun tubuh, dan untuk mengetahui apa saja manfaat kopi bagi kecantikan, silahkan simak di bawah ini.

21. Mengangkat Kulit Mati

Setiap wanita ingin memiliki kulit mulus agar terlihat cantik. Namun sering kali kulit terlihat kurang segar dikarenakan sel-sel kulit mati yang berdampak pada peremajaan kulit. Untuk mengangkat kulit mati tersebut bisa menggunakan ampas kopi yang kasar dan mencampurkannya dengan minyak zaitun atau air, kemudian digosokan ke tubuh seperti menggunakan scrub biasa.

22. Sebagai Pewarna Rambut

Kopi juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut agar terlihat lebih coklat. Caranya adalah dengan menggabungkan kopi bubuk dengan conditioner lalu dioleskan ke kulit kepala. Diamkan selama 5 sampai 10 menit, kemudian tinggal di bilas sampai bersih. Silahkan lakukan secara rutin agar hasilnya bisa maksimal.

23. Untuk Mengobati Selulit

Salah satu treatment menghilangkan selulit adalah dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan air. Kemudian gosokan pada kulit yang terjadi selulit dalam beberapa menit, dan dilakukan secara teratur sampai selulit hilang.

24. Menghilangkan Bau Kaki

Kandungan antioksidan pada biji kopi rupanya bisa menghilangkan bau pada kaki. Caranya adalah dengan merendam kaki pada air hangat, lalu bilas kaki dengan campuran bubuk kopi serta minyak kelapa.

25. Sebagai Masker Wajah

Salah satu manfaat kopi yang paling utama adalah membantu mengecangkan kulit. Oleh karena itulah banyak orang menjadikan bubuk kopi sebagai bahan masker wajah. Agar hasilnya semakin maksimal bisa mencampurkan bubuk kopi dengan madu serta yoghurt.

Efek Samping Kopi

Efek Samping Kopi

Efek Samping Yang Ditimbulkan Dari Minum Kopi

Dibalik manfaat meminum kopi yang sangat banyak, tentu ada efek samping yang harus diwaspadai. Kopi akan berefek buruk apabila diminum secara berlebihan. Kami menyarankan untuk mengkonsumsi kopi secara wajar, maksimal 2 gelas 1 hari agar manfaat kopi tetap maksimal. Lalu apa sajakah efek samping yang ditimbulkan kopi bagi tubuh kita ?

  • Dapat menyebabkan sulit tidur dikarekan efek samping kafein yang terkandung didalam kopi
  • Apabila meminum kopi secara berlebihan akan membuat jantung berdebar lebih kencang
  • Bagi yang menderita penyakit asam lambung dilarang meminum kopi, karena asam lambung bisa naik ke atas yang akan menyebabkan mual dan pusing
  • Penderita darah tinggi juga tidak dianjurkan meminum kopi, karena bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh
  • Dilarang bagi penderita radang usus
  • Meminum kopi terlalu panas bisa menyebabkan sakit tenggorokan, sariawan, dan panas dalam.

Manfaat kopi memang sangat banyak, namun kopi akan berefek negatif apabila dikonsumsmi secara berlebihan. Bagi penderita penyakit tertentu ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin berencana meminum kopi secara rutin. Jangan sampai penyakit menjadi tambah parah karena nekat meminum kopi.

Eno Supratman

Founder Playon.co.id yang bercita-cita membesarkan Playon sebagai media berita terbesar yang selalu konsisten menghadirkan konten yang bermanfaat bagi seluruh bangsa Indonesia.