20 Manfaat Bersepeda di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Playon.co.id – Taukah kalian manfaat bersepeda di pagi hari ? Memiliki badan yang sehat serta tubuh yang kuat itulah yang pasti di inginka oleh setiap orang. Maka dari itu kita harus jaga stamina serta fisik kita dengan baik agar kita selalu sehat, lantas bagaimakah caranya? Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki gizi seimbang dan jangan lupa kita juga harus rutin berolah raga agar fisik kita tetap terjaga. Nah sobat berbicara mengenai olahraga ada salah satu olah raga yang saat ini sedang sangat populer di setiap kalangan baik anak-anak muda hingga orang tua sekali pun ialah bersepeda.

Bersepeda secara rutin setiap pagi pasti memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita ini. Ia, selain melatih otot-otot kaki biar kuat bersepeda di pagi hari juga memberikan kenyamanan pada pikiran kita karena kita bisa menikamati suasana pagi hari yang begitu indah dan juga bisa menghirup udara yang masih segar. Dengan bersepeda kita juga bisa mendapat banyak teman sehingga pikiran dan suasana hati kita pun menjadi lebih santai dan gembira. Nah sobat bersepeda selama 30 menit juga bisa membatu kita dalam menurunkan berat badan dan membakar lemak sehingga badan kita tetap ideal.

Saat ini olah raga bersepeda memang sedang banyak diminati oleh setiap orang, karena selain biaya yang cukup murah bersepeda juga merupakan salah satu olah raga ringan. Selain itu bersepeda juga salah satu cara termudah untuk menyesuaikan lantihan dalam rutinitas harian kita karena itu juga merupakan bentuk transportasi. Trasportasi sehari-hari dengan menggunaka sepeda merupakan putusan terbaik, hal ini dikarenakan terdapat banyak manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh. Jadi mulailah untuk rutin bersepeda agar kita bisa mendapatkan manfaat yang baik dalam bersepeda.

Dikutip dari para ahli kesehatan menerangkan bahwa bersepeda juga dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap normal. Sehingga kalian dapat terhidar dari penyakit diabetes di kemudian hari. Sementara itu bersepeda juga bisa melemaskan otot pinggul dan lutut sendi, dan dampaknya pun cukup baik dalam menjaga flesibilitas otot dengan baik. Menaging Director Pusat Spesialis Diabetes Dr Mohan dan Deepali Badoni, Seorang Fisioterapis di Klinik AktivHealth membeberkan memang ada segudang manfaat bersepeda di pagi hari secara rutin, berikut ulasanya secara lengkap.

Berbagai Manfaat Bersepeda di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bersepeda di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang cukup ringan. Dengan demikian bersepeda menjadi salah satu cara terbaik bagi kita untuk meningkatkan stamina tubuh. Hal ini di karenakan bersepada adalah sebuah gerakan mengayuh dan kalian dapat mengayuh sepeda dengan lebih lama dibandingkan dengan olah raga aerobik atau berjalan kaki dinama mungkin tubuh menjadi cepat lelah. Disamping itu bersepeda juga dapat memperkuat jantung dan paru-paru yang akan membuat anda dapat bekerja lebih efisiensi.

2. Meningkatkam Mod

Bersepeda santai dengan jangka waktu minimal 30 menit perhari dapat membatu kalian dalam meningkatkan mod. Hal ini dikarenakan dengan bersepeda bisa meningkatkan suasan hati dan pikiran sehingga rasa cemas, strees dan depresi bisa teratasi dengan baik. Selain itu bersepeda juga baik untuk kesehatan mental kita seperti halnya olahraga yang lain misalnya Joging. Tak hanya itu bersepeda juga dapat memperbaiki kualitas hidu kita.

3. Membakar Lemak

Nah baik kalian yang kelebihan lemak, mungkin bersepeda bisa menjadi solusi untuk membakar lemak dengan cepat. Hal ini tentu dapat dilakukan setiap hari agar tidak terjadi penumpukan lemak yang terus menerus bertambah banyak. Dan dengan berolahraga mengayuh pedal sepeda dapat membakar lemak dan juga dapat memperkaut otot-otot tubuh terutama kaki. Dengan bersepeda di lintasn atau medan yang bergelombang dan menanjak atau pun yang lainya dapat melatih kekuatan kaki dan juga otot-otot kaki.

4. Mencegah penyakit Jantung

Studi yang dilakukan Britis Medical Association menemukan bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sebesar 50%. Tak hanya itu saja bersepeda juga dapat membantu anda dalam menghilangkan kerutan-kerutan akibat penuaan. Selain itu bersepeda juga dapat membuat seseorang menjadi 10 taun lebih muda . Jadi guys mulailah rutin untuk bersepeda agar jantung kita tetap sehat.

5. Memperkuat Otot Kaki

Seperti yang sudah kita ketahui jika bersepeda juga akan meningkatkan masa otot kaki agar menjadi lebih kuat. Selain itu dengan olah raga mengayuh sepeda setiap pagi kaki kita akan tidak mudah kram, pasalnya perdaran darah mengalir dengan normal. Selain itu bersepeda juga akan memberikan kenyamanan ada kaki dan semakin sering bersepeda maka akan semakin kuat otot-otot kaki kita.

6. Meningkatkan Keseimbangan

Dengan duduk di sadel yang disertai dengan mengayuh sepeda itu pun merupakan salah satu keseimbangan. Saat sedang berbelok akan melibatkan otot inti unutk membuat tubuh anda menjadi tegak. Sementara itu mengubah gigi atau menggunakan lengan dan kaki juga memerlukan kordinasi yang baik dan jangan kahawatir jika anda merasa takut pada pertama kali naik sepeda, hal ini karena usaha anda dapat terus meningkat dengan melakukan praktik belajar.

7. Membakar Kalori Dengan Cepat

Saat bersepeda dapat membakar kalori sebesar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang, 400 kalori per jam dengan kecepatan 10-11 mph, 700 kalori apabila medan berat selama satu jam . Bahkan apabila bersepeda secara rutin selam satu tahun anda bisa membakar lemak sebanyak 5 Kg, hanya dengan waktu 30 menit sehari dengan bersepeda dan menggunakan kecepatan sedang. Maka dari itu mari kita rutin setiap hari untuk mulai bersepeda selam 30 menit.

8. Memperbaiki Pola Hidup Sehat

Dengan bersepeda setiap pagi hari kalian akan mendapatkan pola hidup sehat yang bisa kalian dapatkan. Nafsu makan kalian akan meningkat, mod baik, tubuh terasa segar semangat dalam menjalani aktifitas setiap hari, terhindar dari masalah tidur, dan tentu saja akan menjaga badan kita tetap bugar. Selain itu semua ada banyak manfaat lain dalam bersepeda  dipagi hari secara rutin, sehingga kalian dapat memperbaiki pola hidup yang sehat.

9. Mencegah Obesitas

Nah bagi kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan mungkin olah raga yang satu ini bisa kalian jadikan kalian rutinitas sehari-hari untuk membentuk tubuh yang ideal. Pasalnya dengan melakukan gerakan-gerakan yang ringan lemak akan terbakar dengan cepat sehingga mencegah kalian dari kegemukan. Nah sobat jika kalian ingin badan yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit mulailah untuk olah raga ringan setiap hari agar aliran darah tetap lancar dan normal.

10. Meningkatkan Kemampuan Otak

Manfat bersepeda di pagi hari yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan otak. Hal ini dibuktikan oleh para peneliti dari Universitas lllinois menemukan bahwa 5 persen peningkatan dalam latihan kebugaran namun dengan bersepeda dapat menyebabkan peningkatan hingga 15 persen dalam tes mental. Hal ini dikarenakan dengan bersepeda membantu membangun sel-sel otak baru pada bagian memory yang memburuk pada usia mulai 30 tahun.

11. Meningkatkan Suplai Oksigen

Selanjunya bersepeda mampu meningkatkan suplai oksigen, karena dengan bersepeda dapat membuat nafas menjadi terengah-engah. Aliran oksigen akan makin terus terkuras karena energi yang digunakan cukup besar. Akan tetapi dengan begitu tubuh anda mampu untuk dapat mengontrol suplai oksigen dari tubuh. Jadi jika kalian ingin melatih pernafasan, kalian bisa melakukan olah raga ini dengan rutin setiap hari.

12. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa studi membuktikan bahwa jika aktivitas seperti bersepeda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih kebal untuk menangkal berbagai macam penyakit seperti batuk dan pilek. Alangkah baiknya untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk pergi ketem pat kerja, sekolah dan sebagainya dari pada menggunakan kendaraan bermotor atau angkuntan umum.

13. Mengurangi Strees

Nah jika anda sering mengalami stress ringan, cobalah unutuk mulai melakukan oleh raga seperti bersepeda. Hal ini di karenakan ketika sedang bersepeda mata kita dapat menyaksikan berbagai macam pemandangan yang berbeda beda. Sehingga dapat melupakan apa yang sedang terjadi atau masalah yang sedang kalian hadapi. Bersepeda juga mampu membuat pikiran kita lebih enjoy dan lebih tenang karena dengan bersepeda juga mampu meningkatkan hormon positif pada tubuh kita.

14. Mencegah Kanker

Kanker merupakansalah satu penyakit yang dapat dengan mudah menjalar keseluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang dapat berkembang dalam jangka waktu yang panjang. Jadi agar tubuh kita tidak mudah terjangkit penyakit kanker maka berolahragalah secara rutin dan juga teratur. Dengan demikian tubuh akan selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang pada awalnya merupakan bibit kanker dapat dicegah pertumbuhanya. Seperti halnya manfaat buah sirsak untuk mencegah penyakit kanker.

15. Menghindari Berbagai Penyakit

Dengan bersepeda sekitar 3 hingga 4 kali seminggu dapat memperkuat kesehatan tubuh dan memperkuat sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit. Hal ini dibuktikan kebanyakan orang yang berangkat kerja dengan menggunakan sepeda jarang sekali mengambil cuti karena sakit. Jadi jika kalian ingin terhindar dari berbagai macam penyakit mulailah untuk berolah raga rutin setiap hari dan makan makanan dengan gizi seimbang.

16. Menyeimbangkan Sistem Metabolisme

Manfaat bersepeda di pagi hari yang lainya ialah membatu menyeimbangkan sistem metabolisme. Dengan bersepeda setiap hari bisa membatu anda untuk mengurangi masalah metabolisme tubuh. Jadi sehatkan tubuh anda dengan menjaga sistem metabolisme tubuh anda dengan cara bersepeda rutin dan teratur maka kalian akan mendapatkan manfaat yang begitu besar dari olahraga menayuh pedal yang satu ini.

17. Mengatasi Sering Lelah

Nah bagi kalian yang sering mengeluh karena lelah apabila sedang beraktivitas? Mungkin dengan bersepeda santai dapat membatu kalian untuk menjaga agar tubuh tetap fit sehingga kalian tidak cepat letih saat melakukan suatu kerjaan maupun aktivitas. Badan yang sehat serta fisik yang bagus akan memberikan energi yang posistif bagi tubuh sehingga banda kalian akan tetap bugar meski kalian melakukan banyak kerjaan.

18. Memperlancar Perdaran Darah

Salah satu manfaat bersepeda di pagi hari adalah untuk memperlancar aliran darah. Dengan bersepeda pastinya semua anggota badan kita akan bergerak sehingga darah mampu mengalir dengan lancar jeseluruh tubuh kita. Selain itu dengan bersepeda dijalan-jalan yang menanjak maupun yang lainya akan membuat otot-otot kita menjadi lebih kuat dan rileks sehingga aliran darah pun tidak kaku sehingga badan kita lebih berkualitas.

19. Membuat Awet Muda

Taukah kalian jika melakukan olah raga bersepeda secara teratur mampu membuat kita awet muda? Hal ini dikarenakan dengan bersepeda secara teratur dapat melindungi kulit dengan cara meningkatkan aliran darah yang lebih banyak oksigen kejaringan kulit dan otot. Hal tersebut juga mambantu tubuh dalam mengeluarkan racun berbahaya dan membuat anda terlihat lebih muda. Jadi guys yuk kita lakukan olahraga bersepeda secara teratur agar kita makin awet muda.

20. Memperkuat Kerangka Tubuh

Nan manfaat bersepeda yang terakhir adalah memperekuat kerangka tubuh. Kebanyakan orang mengira apabila sering bersepeda dapat membuat postur tubuh sedikit membungkuk. Jangan mengira bahwa sepeda membuat postur tubuh menjadi membungkuk. Hal ini karena dengan bersepeda kerangka tubuh akan menjadi semakin kuat dan juga tegak jika melakukan bersepeda secara rutin dan teratur.

Tips Bersepeda Yang Baik dan Benar

Tips Bersepeda yang baik

Tips Bersepeda yang baik

Nah sobat ada beberapa cara bersepeda yang baik dan benar sehingga kalian bisa mendapatkan manfaat bersepeda. Jika bersepeda tidak dilakukan dengan cara yang baik dan benar kemungkinan malah tubuh anda akan terasa tidak nyaman atau bahkan bias pegal-pegal sehabis bersepeda. Maka dari itu ada cara-cara tertentu agar bersepedaa kalian menjadi semakin berkualitas sehinga impian memiliki tubuh yang sehan dan badan yang bugar tercapai dengan maksimal. Berikut adalan tips bersepeda yang baik dan benar.

1. Setang

Alangkah baiknya anda memilih stang sepeda yang sesuai dengan posisi tubuh kalian dan jangan terlalu kebawah. Posisikan stang dengan jarak ideal tubuh maupun postur tubuh sehingga nantinya dalam bersepeda kalian tidak terlalu membungkuk.

2. Sadel

Pilihlah sadel yang baik. Gunakanlah lah sadel yang pas dan juga nyaman saat diduduki sehingga tidak terasa sakit ketika bersepeda

3. Posisi

Atur posisi sadel anda. Perlu di ingat posisi adel harus berada di ketinggian yang pas sehingga kaki anda hanya sedikit ditekuk saat mengayuh sepeda. Hal ini untuk menghindari resiko tekanan pada sendi lutut dan dapat meningkatkan kontrol bersepeda dengan baik.

4. Musik

Dalam bersepeda kalian juga dapat sambil mendengarkan musik dengan menggunakan HeandPhone. Buat daftar lagu yang akan diputar terlebih dahulu sebelun anda mulai bersepeda. Nah dengan mendengarkan musik saat bersepeda tentu saja akan membuat pikiran anda menjadi lebih santai dan juga tenang.

5. Bervariasi

Jika anda mengayuh sepeda dengan kecepatan yang sama salama satu jam tanpa adanya variasi, anda tidak akan memperoleh hasil seperti yang anda inginkan karena otot-otot anda menyesuaikan gerakan berulang-ulang untuk waktu yang lama. Oleh kerena itu anda perlu memaksimalkan otot-otot anda terus menerus dengan variasi untuk menjaga tubuh anda dan membakar kaliri dengan maksimal.

Dengan mejaga tubuh tetap sehat dan bugar menjadikan kualitas hidup anda menjadi lebih bagus. Selain melakukan olahraga rutin dan teratur menjaga tubuh tetap sehat juga bisa kita lakukan dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Seperti halnya manfaat lele dumbo bagi kesehatan tubuh, selain memiliki banyak kadungan nutrisi lele dumbo juga mempu mencegah berbagai macam penyakit. Jadi sanyangi tubuh anda dengan cara lakukan pola hidup sehat agar badan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Romi Setiawan

Selain sebagai penulis playon.co.id, Romi Setiawan juga aktif sebagai atlet Futsal dan memiliki hobi modifikasi motor yang membuatnya sangat berpengalaman dalam dunia permotoran.