Makanan Sehat Ibu Hamil, Lezat dan Aman 2019

Advertisement

Makanan Sehat Ibu Hamil – Kehamilan menjadi satu hal yang paling dinanti oleh setiap pasangan suami – istri. Akan tetapi dibalik kehamilan juga terdapat banyak hal yang perlu anda perhatikan, mulai dari kesehatan sampai dengan asupan nutrisi di waktu hamil sampai dengan masanya lahiran. Nah, berbicara nutrisi, tentunya anda sebagai pasangan, bukan hanya seorang istri saja yang harus memperhatikan akan hal ini, namun anda sebagai suami juga harus mengetahui hal ini, agar sama – sama saling menjaga untuk memberikan yang terbaik bagi si jabang bayi.

Biarpun setiap makanan asalkan bukan instant itu sehat, tapi perlu anda ketahui, beberapa jenis makanan sehat ibu hamil bisa dijadikan satu hal utama atau sebagai prioritas agar nutrisi sang bayi dalam kandungan itu terpenuhi. Kebanyakan orang berprasangka kalau makanan sehat itu tidak terlalu enak ketika dimakan, tapi sepertinya pikiran tersebut kali ini harus benar – benar di tinggalkan, pasalnya makanan sehat ibu hamil juga banyak yang lezat, serta di pastikan aman sekalipun makanan itu masuk dalam kategori makanan siap saji.

Sebut saja sereal yang masuk kedalam makanan siap saji, memang bisa di bilang semua sereal itu baik dikarenakan di buat dari bahan alami, akan tetapi anda juga harus memperhatikan kandungan yang ada didalamnya, agar nantinya tidak memberikan efek negatif baik bagi anda seorang perempuan yang sedang hamil. Karena wanita hamil sendiri sebenarnya sangat sensitif, untuk itu anda harus benar – benar perhatikan hal ini. Dan bagi anda yang ingin tau lebih jauh apa saja Makanan Sehat Ibu Hamil secara lengkap, anda dapat langsung cek ulasan lengkapnya dibawah ini.

Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil

Makanan Sehat Ibu Hamil

Makanan Sehat Ibu Hamil

1. Daging

Tidak perlu takut gemuk ketika mengkonsumsi daging, karena gemuk dalam hamil berarti menunjukan bahwa anda subur dan siap dalam kehamilan. Tapi tentunya dengan catatan, jangan over, agar hasil ahirnya baik. Terlepas dari hal itu, daging sendiri mempunyai kandungan zat besi lebih baik dibandingkan beberapa makanan, seperti kacang – kacangan atau sayuran. Pasalnya dengan mengkonsumsi daging, berati anda sedang meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh, agar nantinya dapat menghindarkan anda dari pendarahan setelah melahirkan dan tentunya membuat anda terhindar dari anemia.

Baca Juga   8 Cara Mudah Cek Tagihan BPJS Kesehatan Terbaru 2019

2. Kacang – Kacangan

Meski tidak lebih baik dari daging, akan tetapi konsumsi kacang – kacangan merupakan salah satu cara anda mencukupi protein nabati dalam tubuh. Diantaranya kacang polong yang disebutkan dapat membuat bayi tidak lemah ketika menjalani proses persalinan dan menjaga berat badan si bayi agar dalam kondisi yang ideal. Lalu anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dari jenis lain, seperti kacang hijau, dimana kacang yang satu ini memiliki kandungan vitamin B dan asam folat yang baik dalam proses perkembangan saraf janin.

3. Buah – Buahan

Buah segar atau buah yang baru di petik merupakan salah satu pilihan makanan sehat ibu hamil, adapun macam atau jenis buah yang baik bagi ibu hamil dapat anda ketahui lebih lengkap dibawah ini.

a. Nanas

Buah ini sering kali di hindari oleh ibu hamil, karena menurut informasi yang tidak jelas banyak mengatakan kalau makan buah ini dapat membahayakan kehamilan, tapi perlu anda ketahui pula, sebenarnya hal itu belum terbukti secara ilmiah. Malah sebaliknya, buah nanas memiliki banyak kandungan zat yang baik bagi janin, karena didalamnya kaya akan vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, dan asam folat. Tapi seperti apa yang kami katakan di awal, dalam mengkonsumsi jenis atau macam makanan tidak boleh berlebihan, apalagi buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat memicu kontraksi jika terlalu banyak mengkonsumsiny, dan perlu anda catat, hal ini hanyalah kontraksi, bukan memicu persalinan, sehingga makanan sehat ibu hamil ini aman di konsumsi.

b. Alpukat

Jika anda menginginkan buah dengan asam folat tinggi, alpukat merupakan pilihan utama, karena hal itu jelas sudah terbukti secara ilmiah, dan di akui kebenarannya. Disamping itu, buah yang satu ini juga merupakan sumber zat yang dapat memenuih nutrisi pada janin, seperti magnesium, serat, vitamin B, vitamin K, Vitamin C, dan kolin. Bahkan mantapnya lagi, dengan rutin mengkonsumsi Alpukat berarti anda dapat meminimalisir morning sickness dan kaki kram.

Baca Juga   Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Terbaru 2019 Bebas Biaya Modal

c. Mangga

Selain dua buah diatas tadi, makanan sehat ibu hamil yang masuk dalam kategori buah, ada mangga, dimana dengan mengkonsumsi buah mangga sebanyak satu mangkung, itu berati anda sebagai ibu hamil sudah mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Selain itu pula, mangga kaya pula dengan vitamin A.

d. Jeruk

Kandungan air yang terbilang tinggi pada buah jeruk diketahui bisa menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi pada waktu kehamilan. Kemudian soal kandungannya, didalam ini terdapat asal folat, serat dan vitamin C yang merupakan zat antioksidan alami, yang dapat membantu penyerapan zat besi dan mencegah kerusakan sel – sel dalam tubuh, sehingga kesehatan ibu hamil tetap terjaga setiap saat.

e. Apel

Memiliki kandungan vitamin A, serat, kalium, dan vitamin c yang baik bagi ibu hamil ataupun bayi yang ada didalam kandungan. Selain itu pula sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan konsumsi buah apel selama kehamilan dapat membuat rendah risiko ibu hamil dari alergi ataupun asma.

f. Buah Kering

Kering disini merupakan buah yang di keringkan, seperti beberapa macam buah yang masuk dalam kategori beri dan ceri. Memang buah yang dikeringkan cenderung manis, tapi anda tidak perlu khawatir, karena yang satu ini termasuk sebagai makanan sehat ibu hamil yang bisa dijadikan camilan praktis. Lalu manfaatnya juga menarik, yakni dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih.

g. Pisang

Buah yang masuk dalam makanan sehat ibu hamil selanjutnya yaitu Pisang, karena banyak yang membuktikan dengan konsumsi pisang dapat mengurangi sembelit ataupun morning sickness.

4. Ubi

Makanan sehat ibu hamil ke empat ini bisa jadi alternatif ketika anda sebagai ibu hamil bosan mengkonsumsi nasi. Kandungan potasium, vitain A, dan serat yang ada didalam ubi dapat membangun sel sehat pada janin, menariknya lagi ubi juga menjadi salah satu makanan sehat ibu hamil yang bisa di jadikan sebagai ASI Booster.

5. Bayam

Masuk dalam kategori sayur, bayam termasuk sebagai satu dari makanan sehat bagi ibu hamil, yang mana warna hijau pada daun bayam yang begitu pekat, ternyata memiliki banyak kandungan kalsium, folat, dan zat besi. Bahkan untuk keadaan ektrimnya, konsumsi bayam bisa mengurangi risiko cacat sarap pada bayi dalam kandungan.

Baca Juga   Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker dan Kesehatan Tubuh

6. Sereal

Sempat kami sebutkan di atas, meski masuk kedalam makanan siap saji, sereal dapat menjadi alternatif sarapan pagi bagi ibu hamil. Tapi tentunya dengan satu catatan, pilihlah sereal tanpa pemanis, lalu rendah kadar gul, lemak maupun garam, agar nantinya tidak mengganggu kesehatan pada ibu hamil.

7. Ikan

Selain daging, ibu hamil juga dapat konsumsi ikan, diantaranya tuna dan salmon, yang keduanya mempunyai asam lemak omega-3 yang tinggi dan sangat baik bagi perkembangan janin.

8. Kentang

Masuk dalam kelas umbi – umbian, kentang memiliki zat ampuh, tidak lain itu adalah Beta-karoten yang nantinya dapat mengubah antioksidan menjadi vitamin A, dimana vitamin tersebut memiliki peranan penting dalam tumbuh kembangnya kulit bayi, mata maupun tulang. Tidak hanya itu saja, didalam kentang juga terdapat kalium, zat besi, vitamin B6, dan vitamin c.

9. Susu

Terbilang ada banyak produk susu olahan, mulai dari keju, yoghurt, dan susu segar, yang mana semua itu sangat berperan dalam pertumbuhan jaringan dalam tubuh.

10. Telur

Terahir ada telur yang menjadi salah satu sumber protein tinggi. Tapi bukan berarti dalam mongkonsumsinya dalam keadaan mentah, namun terlebih dahulu di buat dalam kondisi matang, sehingga menjadi makanan sehat ibu hamil dengan banyak kandungan zat yang baik bagi tubuh.

Bukan hanya sebagai sumber protein, tetapi telur juga memiliki kandungan kolin yang tentunya sangat baik bagi tumbuh kembangnya otak pada bayi. Banyak juga yah makanan sehat ibu hamil, jika anda sudah membacanya, sekarang giliran anda mempraktikannya dirumah, agar nutrisi bayi yang ada didalam kandungan terpenuih dengan baik. Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar Makanan Sehat Ibu Hamil, semoga bermanfaat. Lalu bagi anda yang juga ingin tau hal menarik lainnya, seperti Cara Mandi Wajib Yang Baik & Benar, dan Cara Mengobati Sakit Lutut Ampuh, bisa langsung cek halaman PlayOn.co.id

5/5 (1 Review)
Advertisement