Cara Mudah Membayar Pajak kendaraan Bermotor Secara Online

Advertisement

PlayOn.co.id – Sudahkah anda membayar pajak kendaraan bermotor anda? Jika belum sebaiknya anda segera membayar pajak kendaraan anda agar lebih aman dan nyaman saat dibawa berkendara kemana-mana tanpa takut ada razia polisi. Saat ini kalian tak perlu ribet-ribet lagi membayar pajak ke kantor samsat yang letaknya jauh dari tempat tinggal anda, pasalnya kali ini telah ada cara membayar pajak kendaraan bermotor secara online yang bisa kalian lakukan kapanpun dan dimanapun kalian tinggal. Apalagi saat ini cara membayar pajak kedaraan bermotor telah diberlakukan dibeberapa daerah di wilayah Indonesia.

Beberapa daerah yang telah menerapkan sistem pembayaran pajak bermotor via online ini belum mencakup seluruh provinsi, hanya beberapa saja diantaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Nagro Aceh Darussalam. Meski belum merata disetiap provinsi namun nampaknya layanan ini akan diterapkan ke semua provinsi di Indonesia. Ada beberapa keuntungan dengan membayar pajak kendaraan secara online yakni selain mudah layanan ini juga cukup efektif dan cukup praktis. Dan dengan layanan tersebut masyarakat tak perlu repot-repot lagi untukm datang ke kantor samsat serta mengantri berjam-jam.

Sementara itu dengan layanan ini kita juga bisa menghindari dari calo-calo yang menawarkan jasa pengurusan STNK yang dimintai bayaran yang cukup tinggi. Akan tetapi hal ini masih sangat di sayangkan, bagi sebagian orang mengurus pembayaran pajak kendaraan lewat calo adalah hal yang mudah akan tetapi kita tidak tau resikonya, pasalnya sering kali jika kita membayar pajak kendaraan melalui jasa calo kita akan dimintai bayaran yang cukup tinggi. Jadi dengan adanya layanan seperti ini masyarakat akan lebih waspada dengan calo-calo yang menawarkan jasa  kepengurusan STNK dan lain sebagainya.

Meskipun terbilang cukup mudah, namun membayar pajak kendaraan bermotor via online juga memiliki beberapa prosedur yang harus di perhatikan si pemohon agar proses perpanjang SNTK berjalan lancar. Dan perlu diketahui jika bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor via online hanya menyediakan layanan pembayaran untuk kendaraan dalam kondisi tertentu saja, hal ini mengingat tak semua kendaraan bermotor pajaknya bisa dibayar via online. Adapun syarat dan ketentuan dalam membayar pajak secara online, dan berikut informasi dalam Cara Mudah Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online.

Cara Mudah membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Cara Mudah Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Cara Mudah Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Daftar Isi Artikel

Baca Juga   Manfaat Cuaca Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

Syarat Bayar Pajak Motor Online

Nah jika kalian akan mengurus pembayaran pajak bermotor anda via online berikut adalah beberapa syarat membayar pajak kendaraan bermotor secara online yang bisa dilayani di Samsat online:

  1. Untuk bisa melakukan pembayaran pahjak online, kendaraan bermotor harus dalam pengesahan STNK penuh selama 1 tahun.
  2. Yang kedua kendaraan bermotor tidak dalam keadaan ganti STNK yang merupakan syarat bayar pajak kendaraan bermotor yang harus di penuhi.
  3. Kendaraan bermotor harus disertai dengan surat lengkap seperi BPKB, KTP pemiliki asli dan STNK.
  4. Kendaraan bermotor tidak dalam keadaan telat pajak lebih dari 1 tahun.
  5. Dan syarat bayar pajak kendaraan bermotor yang terakhir adalah kendaraan bermotor tidak dalam keadaan hilang atau rusak, lapor jual, laka dan tersangkut kriminal.

Nah jika kelima persyaratan tesebut sudah dipenuhi maka anda pun bisa membayar pajak kendaraan via online. Disisi lain, perlu anda ketahui bahwa meski beberapa syarat pembayaraan pajak bermotor melalui online sudh dipenuhi, sobat juga harus tahu beberapa ketentuan penggunaan pembayaran pajak secara online yang harus dipenuhi oleh si wajib pajak.

Ketentuan Penggunaan Pembayaran Pajak Motor Online

Selain syarat membayar pajak via online ada juga ketentuan membayar pajak kendaraan bermotor secara online, nah berikut adalah beberapa ketentuan terkait pembayaran pajak secara online yang harus dipenuhi oleh si wajib pajak:

  1. Ketentuan yang pertama yakni wajib pajak dengan data kepemilikan kendaraan sesuai dengan data di server Samsat daerah provinsi tertentu.
  2. Yang kedua kendaraan tidak dalam status blokir atau blokir data kepemilikan.
  3. Wajib pajak wajib memiliki nomor telepon yang aktif yang bisa dihubungi.
  4. Wajib pajak juga harus memiliki nomor rekening tabungan maupun kartu ATM pada bank yang ditunjuk, dan jika anda tidak memiliki nomor rekening tabungan bank yang ditunjuk maka anda dianggap tidak memenuhi ketentuan penggunaan pembayaran pajak motor secara online.
  5. Kendaraan yang didaftar ulang yaitu kendaraan yang NIK/nomor KTP pemiliknya sama dengan yang terdaftar di server Samast dan direkening pada bank yang ditunjuk.
  6. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 tahun.
  7. Tak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan dengan ganti STNK 5 tahun.
  8. Masa berlaku pajak yang bisa dibayarkan kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.
  9. Ketentuan pengguna pembayaran pajak online yang terakhir yakni wajib pajak adalah perseorangan bukan badan usaha/yayasa dan badan sosial.

Nah ketentuan pembayaran pajak online diatas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap wajib pajak jika akan membayar via online. Maka dari itu, sebaiknya anda cek terbelih dahulu kelengkapan data kepemilikan kendaraan bermotor yang anda miliki, agar proses pengurusan pembayaran pajak ini berjalan lancar dan cepat. Dan jika semua ketentuan dan persyaratan pemabayaran pajak bermotor anda sudah lengkap, maka anda bisa membayar pajak kendaraan bermotor anda dengan via online.

Baca Juga   Manfaat Buah Dewandaru Untuk Kesehatan Tubuh

Cara Bayar Pajak Online

Nah jika syarat dna ketentuan pembayaran pajak bermotor sudah terpenuhi maka kalian bisa membayar pajak kendaraan kalian via online. Namun ada beberapa cara mudah membayar pajak kendaraan bermotor secara online, berikut informasinya:

Buka Situs e-Samsat

Untuk langklah yang pertama dalam membayar pajak motor secara online adalah anda harus membuka situs e-Samsat pada setiap provinsi. Dan dibawah ini adalah beberapa alamat situs e-Samsat di setiap provinsi :

  • Nangro Aceh Darusalam dengan alamat : http://esamsataceh.com
  • DKI Jakarta dengan alamat : http://samsat.pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  • Jawa Barat dengan alamat : http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar
  • Jawa Tengah dengan alamat : http://dppad.jatengprov.go.id/
  • Jawa Timur dengan alamat : http://www.esamsat.jatimprov.go.id/

Untuk kalian ketahui bahwa layanan ini tidak berlaku untuk antar provinsi, karena setiap layanan samsat online ini hanya melayani kota dalam provinsi tersebut.

Isi Data Kendaraan

Nah jika kalian sudah selesai, kalian hanya perlu mengisi data kendaraan, yakni:

  • Kota : Pilih kota kendaraan anda, jika plat nomor anda Semarang, maka pilih Semarang.
  • Samsat : Setiap kota biasanya memiliki beberapa kantor Samsat, dan anda pilih di samsat mana kendaraan anda dulu di urus.
  • Nopol : Masukan nopol kendaraan anda (Nomor Plat Motor).
  • Dan yang terakhir anda hanya perlu klik “Cari”.

Pada tahapan cara mudah membayar pajak kendaraan bermotor ini, anda harus benar-benar memperhatikan dan mencermati data yang anda isi agar tidak ada kesalahan dalam mengisi data kendaraan motor anda. Dan apabila data yang anda masukan benar maka anda akan masuk kehalaman baru berupa data kendaraan yang anda miliki, jumplah pajak yang harus dibayar dan denda misalkan pembayaran tersebut sudah melewati jatuh tempo pembayaran. Cek kembali data yang sudah di isi. Nah, jika data yang di isi dirasa sudah benar dan sesuai maka anda akan menemukan kalimat, ” Apakah anda akan melakukan pembayaran?”, Klik kalimat tersebut.

Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Motor Online

Dan sebelum anda jauh membayar melalui mandiri internet banking, pada cara mudah membayar pajak kendaraan bermotor secara online ini anda diminta untuk mengisi folmulir kembali. Perlu anda ketahui jika form ini nantinya akan digunakan sebagai bukti pengambilan nota pajak yang diserahkan ke Samsat kota dimana anda tinggal. Berikt adalah beberapa data yang perlu anda masukan :

  • Kota : Masukan kota dinama anda akan mengambil nota pajak.
  • Samsat : Pilih Samsat terdekat dengan tempat tinggal anda.
  • Bank : Pilih Bank yang hendak kita gunakan untuk melakukan pembayaran.
  • Layanan : Jika anda memiliki layanan internet banking, maka anda pilih layanan internet banking.
  • Kode Pembayaran : Untuk mendapatkan kode bayar, maka anda hanya perlu mengeklik pengajuan “Kode bayar”, yang terletak disebelahnya.
  • Dan apa bila sudah selesai maka kalian akan melihat kode bayar, jumplah uang yang wajib dibayarkan dan alamat Samsat dinama nantinya anda akan mengambil nota pajak.
Baca Juga   Cara Mengobati Ambeien Secara Alami Tanpa Obat

Lakukan Proses pembayaran Pajak Motor Online

Tahap selanjutanya dalam cara mudah membayar pajak kendaraan bermotor secara online adalah anda tinggal membayar besaran pajak melalui internet banking atau ATM maupun  M-Baking. Dan caranya adalah sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah anda buka menu > Multi payment > Pilih Samsat yang sesuai dengan tempat tinggal anda.
  • Selanjutnya, selalu ingat untuk memasukan kode pembayaran di kolom bawah yang sudah anda dapatkan dari pendaftaran web e-Samsat sebelumnya.
  • Lalu klik “Lanjutkan”, guna melakukan proses pembayaran. Disini akan ada bukti yang menunjukan bahwa anda telah melakukan pembayaran menggunakan internet banking.
  • Kemudian print out bukti pembayaran tersebut yang nantinya akan digunakan untuk mengambil nota pajak kendaraan anda yang baru.

Dan perlu anda ketahui batas waktu penukaran nota pajak ini hanya samapai 7 hari sejak prit out bukti pembayaran. Jadi sebaiknya anda segera menukarkan kode bayar anda dengan nota pajak kendaraan bermotor anda.

Pengambilan Nota Pajak di Samsat

Dan pada langkah terakhit pada cara mudah membayar pajak kendaraan bermotor secara online adalah anda harus segera menukarkan kode bayar yang anda miliki dengan nota pajak agar kendaraan di Samsat yang sudah anda daftarkan sebelumnya. Perlu anda ingat bahwa pada tahapan ini, anda harus membawa bukti pembayaran, KTP dan STNK yang asli untuk diserahkan ke loket pembayaran. Dan setelah itu kendaraan anda sudah selesai dalam proses pembayaran pajak kendaraan, jadi cukup mudah kan guys proses pembayaran pajak kendaraan bermotor via online?

Sampai disini, panduan cara mudah membayar pajak kendaraan bermotor secara online, selain mudah membayar pajak kendaraan bermotor ini juga terbilang cukup praktis dan lebih efisien. Apalagi dengan cara seperti ini anda juga akan bebas dari calo-calo serta tidak harus mengantri terlalu lama dalam membayar pajak kendaraan bermotor anda. Demikian ulasan dan informasi mengenai Cara Mudah Membayar Pajak Kedaraan Bermotor Secara Online, semoga bermafaat bagi anda dan jangan lupa baca artikel lainya mengenai Cara Terbaik Mengatasi Hp Terkena Air Paling Simple.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement