9 Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

PlayOn.co.id – Nah sobat dirumah, anda pasti bingung jika AC mobil anda tiba-tiba ngadat atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan besar Apa yang terjadi pada AC mobil ini yah? Nah jika anda tidak tau ataupun tidak mengerti akan hal ini sebaiknya anda cek atau bawa mobil anda ke bengkel khusus AC agar bisa di cek dengan baik dan detail sehingga bisa tau apanya yang rusak. AC mobil memang memiliki peranan yang sangat penting bagi para pengendara ataupun penumpangnya ketika cuaca panas dan kita sedang berkendara dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

Namun jika AC pada mobil anda tidak berfungsi sebagai mana mestinya pastinya kalian akan merasa panas dan juga gerah didalam kendaraan anda. Maka dari itu mobil-mobil terbaru saat ini telah dibekali dengan AC yang akan berfungsi untuk memberikan kenyamanan berkendara pada anda. Selain  itu AC juga merupakan salah satu fitur didalam mobil jadi AC juga harus dirawat dengan baik agar bisa berfungsi dengan baik. Jika tidak maka akan membuat seringnya muncul masalah yang nantinya mengganggu kerja sistem pendingin mobil tersebut. Salah satunya yaitu AC mobil yang tidak dingin lagi.

Ada banyak cara untuk merawat AC mobil agar tetap dingin, selah satunya ialah dengan melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap AC mobil kalian. Sementara itu melakukan pemeriksaan secara berkala juga akan menghindarakan anda dari merambatnya kerusakan pada komponen-komponen AC mobil anda. Untuk melakukan hal tersebut kalian dapat meminta bantuan kepada mekanik yang mengetahui tentang AC mobil sehingga pemeriksaan dapat dilakukan dengan tepat. Nah dibawah ini ada beberapa Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet berikut informasi lengkapnya.

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

1. Jaga Kebersihan Lantai dan Karpet Mobil

Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Cara pertama untuk membersihkan AC pada mobil adalah dengan cara membersihkan interior dalam atau ruang dalam mobil hingga bersih, terutama pada bagian lantai dan karpet mobil. Kebersihan pada lantai mobil tentu akan membuat udara yang ada didalam cabin mobil makin bersih. Sehingga kerja dari filter AC tidak keras dalam menyaring kotoran dan debu.

2. Bersihkan Kondensor AC Mobil

Kondensor AC

Hal yang terpenting berikutnya adalah jika anda ingin mencuci mobil, cobalah anda membuak kap mesin mobil dan semprotkan air yang agak kencang pada condensor AC mobil. Biasanya bagian ini berada didepan radiator dan memiliki bentuk yang sama sperti radiator mobil. Dengan membersihkan bagian tersebut pastinya kotoran dan debu yang menempel dapat terbersihan dengan sempurna. Dan jika masih terdapat kotoran dan debu yang menempel pada condensor AC biasanya akan mengakibatkan korosi yang akan  mengakibatkan kebocoran di bagian condensor AC.

3. Pilih Tempat Parkir Yang Teduh

Parkir ditempat yang teduh

Dan jika anda ingin memarkirkan mobil anda, usahakan untuk memilih tempat parkir yang agak teduh agar suhu didalam ruang kabin mobil anda tidak meningkat.  Jika anda memarkirkan mobil anda ditempat yang panas pastinya ruangan dalam kabin mobil anda akan terasa sangat panas dan memberikan waktu yang cukup lama untuk mendinginkan ruang dalam kabin mobil anda. Dan hal tersebut akan membuat kinerja AC pada mobil anda lebih berat.

4. Mengistirahatkan AC Saat Perjalanan Jauh

Mengistirahatkan AC Mobill

Mengistirahatkan AC saat perjalanan jauh memang cukup efektif dalam menjaga keawetan AC mobil anda. Dan setalah suhu pada ruang kabin anda agak terasa panas dan gerah kalian dapat menghidupkan kembali AC mobil anda. Hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan AC pada mobil anda agar tidak terus menerus bekerja mendinginkan kabin mobil dan menghindari resiko terjadinya pembekuan pada saluran AC mobil anda.

5. Pastikan Extrafan Kipas Bekerja

Extrafan

Selalu pastikan jika extrafan kipas yang ada didepan condensor AC bekerja secara optimal saat kondisi AC dinyalakan. Dan jika Extrafan mati disaat kondisi AC masih hidup, maka akan menyebabkan resiko kerusakan pada kompresor dan bahkan dapat menyebabkan selang kompresor meledak saat digunakan.

6. Usahakan Untuk Tidak Merokok

No Smokingg

Nah hal yang paling penting berikutnya adalah pastikan jika anda tidak sampai merokok didalam mobil ketika AC menyala. Hal ini akan menyebakan asap rokok dapat mengotori evaporator karena nikotin pada rokok akan lengket dan bahkan akan menimbulkan  bau yang tidak sedap serta susah untuk hilang. Selain  itu usahakan untuk tidak seringh membuka jendela pada mobil anda saat ACsedang dinyalakan. Hal ini malah akan memperberat kinerja AC yang menyebabkan AC mobil anda tidak dingin lagi.

7. Matikan AC Mobil Sebelum Mesin Dimatikan

Mematikan AC sebelum Mesin dimatikan

Berikutnya cara merawat AC mobil agar tetap dingin adalah dengan cara mematikan terlebih dahulu AC pada mobil anda sebelum mesin mobil anda dimatikan. Dan hal ini juga berlaku sebaliknya lebih baik menyalakan AC mobil saat mesin mobil anda dalam keadaan hidup. Akan tetapi lebih baik anda menyalakan AC mobil anda saat mesin mobil anda telah bekerja dengan keadaan stabil.

8. Periksa Kondisi Filter Secara Rutin

Filter AC

Untuk cara merawat AC mobil agar tetap dingin selanjutnya adalah dengan cara memerika kondisi filter secara rutin dan gunakan filter kabin yang bekerja untuk menyaring sehingga mencegah kotoran dan debu bisa terhisap kedalam evaropator. Sementara itu untuk melakukan pengecekan filter kabin mobil anda, anda bisa meminta bantuan kepada montir atau mekanik bengkel saat anda sedang melakukan servis. Dan jangan lupa ganti filter kabin mobil anda jika usia penggunaanya sudah cukup lama.

9. Lakukan Pengecekan Rutin

Pengecekan AC secara berkala

Dan cara merawat AC mobil agar tetap dingin yang selanjutnya ialah dengan cara melakukan pengecekan rutin atay berkala pada komponen-komponen di dalam AC mobil. Tak hanya membersihkan bagian-bagian seperti filter kabin dan evaparator saja, namun pengecekan ini juga dilakukan untuk mengetahui jika terdapat kerusakan pada AC mobil. Sehingga kerusakan dapat diperbaiki dengan cepat dan tidak mengganggu kinerja komponen lainya.

Saat ini AC memang sangat diperlukan untuk sebuah mobil, hal ini untuk memberikan kenyamanan berkendara anda agar tidak terlalu panas didalam mobil yang anda tumpangi. Sementara itu agar AC pada mobil kita selalu bekerja sebagai mana fungsinya kita juga perlu merawat dan menjaga kondisi AC pada mobil. Nah sobat beberapa cara menjaga AC mobil agar tetap dingin memang sudah kami sebutkan diatas dan kalian juga bisa mempraktekanya dirumah.

AC sendiri merupakan fitur yang sangat penting bagi kendaraan-kendaraan terbaru saat ini yang berupa mobil. Dan kalian juga bisa bayangkan jika mobil yang anda tumpangi tidak memiliki AC pastinya kalian akan merasa sangat panas dan juga gerah. Hal ini tentu akan memberikan ketidak nyamanan anda dalam menikmati perjalanan terlebih saat menempuh perjalanan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Demikian informasi mengenai Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin, semoga informasi ini bisa bermafaat bagi kalian semua dan jangan lupa baca artikel terbaru kami mengenai Cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah, hanya di www.PlayOn.co.id.

Romi Setiawan

Selain sebagai penulis playon.co.id, Romi Setiawan juga aktif sebagai atlet Futsal dan memiliki hobi modifikasi motor yang membuatnya sangat berpengalaman dalam dunia permotoran.