Cara Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal Yang Perlu Diketahui

Advertisement

Cara menjaga kadar gula darah 2019 – Sehat merupakan kunci sukses bagi setaipa orang, pasalnya dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan segala aktifitas tanpa harus takut manahan sakit. Akan tetapi gaya hidup juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, sehingga kita perlu memilih gaya hidup apa yang seharusnya kita lakukan. Nah, saat ini memang banyak terjual makanan-makanan enak yang pasti akan membuat nafsu makan kita bertambah.

Akan tetapi apakah kalian sadar jika makanan-makanan tersebut mengadung lemak yang banyak, sehingga kita tidak bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh kita ataupun kolesterol. Hal ini nampaknya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh kita di kemudian hari, pasalnya dengan kadar gula darah yang berlebih dan juga kolestrol yang tinggi akan memunculkan beragam jenis penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, stroke, diabetes dan juga penyakit jantung koroner.

Nah, untuk menghidari hal tersebut sebaiknya kita memilih gaya hidup yang sehat seperti rajin berolahraga serta makan-makanan yang bergizi seperti memperbanyak buah-buahan serta sayuran agar kita bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu pergi liburan bersama dengan keluarga juga akan memberikan dapak yang postif bagi pikiran kita agar tidak stress dan jenuh kerena pekerjaan. Berikut adalah beberapa cara menjaga kadar gula darah tetap normal yang perlu diketahui.

Cara Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Normal

Cara Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Menjaga kadar gula darah yang sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter memang bukan hal yang mudah. Pasalnya, banyak faktor yang akan membuat kadar gula darah berubah secara tiba-tiba. Akan tetapi mengubah gaya hidup yang sehat akan memberikan peranan yang positif bagi kadar gula darah dalan tubuh kita agar tetap normal. Dab berikut adalah cara menjaga kadar gula darah tetap normal.

Baca Juga   Cara Atasi Insomnia Secara Efektif dan Ampuh 2019, Tanpa Obat

1. Konsumsi makanan yang tepat

Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan landasan hidup sehat, baik bagi penderita diabeter atau tidak. Bukan berarti anda harus menghindari mengkonsumsi karbohidrat atau gula saat mencoba untuk menjaga gula darah kembali normal. Hanya saja, anda harus perlu asupan seimbang dari protein atau lemak.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah upayakan untuk mengkonsumsi makanan dalam bentuk aslinya, bukan olahan. Semua makanan yang mengadung protein, serat dan lemak sehat dapat membantu menstabilkan gula darah, terutama ketika kalian mengkonsumsi karbohidrat atau gula seperti kentang, buah atau biji-bijian. Hal ini dapat memperlambat penyerapan gula kedalam aliran darah, membantu mengontrol nafsu makan, dan juga berperan dalam proses metabolisme dan pencernaan.

Tidak kalah penting, kalian juga harus minum cukup air. Pasalnya selain mencegah dehidrasi air juga mampu membantu ginjal dalam menghalau resiko kelebihan gula darah melalui urin. Jadi guys, konsumsi makan yang tepat juga merupakan cara mejaga kadar gula darah tetap normal.

2. Olahraga teratur

Nah sobat sehat, sudah tidak diragukan lagi jika olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Olahraga jangka pendek dapat membantu sel-sel otot anda mengambil lebih banyak glukosa yang merubahnya menjadi energi, sehingga mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita. Sedangkan olahraga dalam jangka panjang akan membuat sel-sel lebih responsif terhadap insulin dan membantu mencegah resistensi.

Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit sampai 60 menit dalam sehari selama 3 kali seminggu, seperti berlari, bersepeda, berenang atau setidaknya hanya berjalan santai. Lakukan olahraga yang anda sukai yang memungkinkan anda bergerak.

3. Kendalikan stress

Nah, salah satu kadar gula tiba-tiba berupah ialah stress yang berlebihan. Stres yang berlebihan akan meningkatkan kadar gula darah akibat peningkatan pelepasan kortisol alias hormon stres. Stres memicu sirklus hormonal bagi setiap orang, akibatnya tidak hanya membuat gula darah meningkat, namun cenderung membuat keinginan untuk terus makan terlebih makanan yang manis.

Baca Juga   Cara Mengobati Sakit Lutut Sederhana dan Ampuh 2019

Peneliti telah menemukan bahwa penghilang stress alami adalah olahraga, yoga, meditasi dan menggunakan minyak estensial (seperti lavender, mawar, dan kemenyan) yang bisa membantu penderita diabetes dan orang-orang dengan resistensi insulin bisa lebuh rileks. Cara lain untuk menghilangkan stres adalah dengan menghabiskan banyak waktu dirumah, seperti bertemu dengan teman, sahabat, ataupun pasangan yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.

4. Istirahat yang cukup

Beristirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan hal inimerupakan kebiasaan sehat yang mampu mengelola kadar hormon. Sebuah penelitian menunjukan ketika ritme sirkadian (penentu jam biologis alami) terganggu, maka akan memicu gula darah tinggi atau meningkatkan diabertes.

Tidur terlalu sedikit, akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk atau tidur pada waktu yang salah dapat mengganggu sekresi insulin. Idealnya tidur yang baik berkisar antara jam tujuh hingga jam sembilan jam permalam. Apalagi didukung dengan jadwal tidur dan bangun yang normal.

Tidur yang cukup juga dapat menyeimbangkan hormon, menghindari stres, dan memiliki energi yang cukup untuk berolahraga anda atau beraktivitas pada esok harinya. Jadi dengan anda istirahat yang cukup kalian dapat menjaga kadar gula darah dalam tubuh anda tetap normal.

5. Rutin mengecek gula darah

Mengukur atau memantau kadar gula darah menggunakan glucose-meter juga dapat membantu anda dalam mengendalikan gula darah. Hal ini mampu mengontrol kadar gula darah pada batas normal dan membantu anda menentukan apakah anda perlu melakukan penyesuaian dalam mengkonsumsi makanan atau obat-obatan nantinya.

Rutin mengecek kadar gula darah juga akan membantu anda mengetahui bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap makanan tertentu. Cobalah mengukur kadar gula darah setiap hari, dan pastikan jika kadar gula anda selalu berada dalam batas normal.

Baca Juga   Manfaat Cuaca Dingin Bagi Kesehatan Tubuh

6. Mengontrol porsi makan

Mengontrol nafsu makan akan membantu mengatur asupan kalori dalam tubuh dan secara tidak langsung mampu menurunkan berat badan. Akibatnya, mengontrol berat badan dapat menghasilkan kadar gula darah yang sehat. Hal ini juga telah terbukti mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2. Berikut adalah tips untuk mengontrol porsi makan :

  • Perhatikan ukuran dan berat makanan
  • Gunakan piring yang lebih kecil
  • Hindari makanan yang di restoran all you can eat
  • Baca lebel kandungan makanan dan lihat seberapa besar prosinya
  • Membuat jurnal makanan
  • Makan perlahan-lahan

Makan-makanan yang bernutrisi juga akan membantu anda dalam mengontrol gula darah anda tetap normal. Selain itu menjaga kadar gula darah dalam tubuh juga akan membuat tubuh kita tetap sehat dan juga akan terhidar dari penyakit diabetes. Tak cukup hanya itu saja, kita juga harus rutin dalam melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan juga tidak mudah untuk terserang penyakit.

Saat ini memang banyak makanan yang mengandung pemanis buatan yang memungkinkan kita terkena penyakit diabetes, untuk itu kita harus teliti dalam mengkonsumsi makanan dan perhatikan kadungan nutrisi yang terkadung pada makanan tersebut. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermafaat dan terus baca artikel terbaru dari kami mengenai Manfaat kulit manggis untuk kesehatan hanya di PlayOn.co.id.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement