Cara Mengatasi Stres Paling Ampuh dan Paling Mudah

Advertisement

Cara mengatasi stres 2019 – Banyak pikiran serta pekerjaan menumpuk, hal ini pastinya akan membuat kalian stres dalam menghadapi pekerjaan tersebut. Nah, dengan pikiran yang kacau serta tidak fokus pastinya kalian akan malas bekerja sehingga pekerjaan tak kunjug selesai. Untuk mehadapi semua ini pasti kita membutuhkan pikiran yang tenang serta suasana yang berbeda agar pikiran kita menjadi lebih fress dan lebih segar.

Stres merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menjangkit semua orang, baik itu stres karena pekerjaan yang menumpuk atau pun stres karena mau menghadapi ujian sekolah. Namun penyakit ini biasanya di landasi dengan beragam latar belakang. Namun jangan kawatir karena kita bisa mengatasi stres dengan beberapa hal yang cukup mudah dan cukup ampuh. Salah satunya ialah dengan refresing bersama keluarga anda.

Stres bisa dikatakan sebagai gangguan psikologis, sehingga stres tidak bisa dianggap remeh. Karena jika tidak ditangani dengan baik, stres bisa menimbulkan beberapa komplikasi lainnya seperti halnya depresi dan bisa saja bunuh diri. Untuk mengatasi hal ini kita butuh suasana yang lebih tenang agar pikiran kita bisa kembali normal. Akan tetapi banyak orang yang menggap remeh dari penyakit stres ini sehingga banyak menimbulkan beberapa efek samping.

Meski stres adalah hal normal yang pernah dialami banyak orang, jika tidak diatasi dengan benar tentu saja akan menimbulkan beberapa komplikasi. Akan tetapi stres yang normal juga bisa menimbulkan hal yang cukup positif seperti membantu anda bekerja lebih cepat saat sedang mengejar masa tenggang waktu. Namun kalian juga perlu berhati-hati, karena kondisi stres bisa berdapak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan. Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi stres paling ampuh.

Baca Juga   Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

Cara Mengatasi Stres

Cara Mengatasi Stres Paling Ampuh

1. Hirup Udara Segar

Ketika stres mulai melanda, kita harus segera menyadari dan beranjak untuk menghirup udara segar. Bertahan pada situasi dan posisi yang mononton tidak akan mengatasi stres, justru malah akan memperburuk kondisi. Contohnya saja ketika kita sedang pusing dengan pekerjaan yang menumpuk dan anda tetap mengerjakanya secara terpaksa agar cepat selesai. Padahal, hal tersebut hanya akan membuat hasil pekerjaan menjadi tidak baik. Untuk itu pergilah keluar ruangan dan hirup udara segar disela waktu, meski hanya sebentar. Hal ini akan membatu melegakan pikiran anda, sebab udara segar dapat membantu menenangkan diri sehingga bisa kembali berikir jernih.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Tak bisa dipungkiri lagi saat ini memang banyak orang yang melampiaskan stresnya dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol seperti bir, anggur dan sebagainya. Mereka yang melakukan hal ini berpikir dengan minuman tersebut mampu menjadi obat yang mujarab pengusir stres. Memang minuman beralkohol dapat memberikan efek tenang, akan tetapi hanya bersifat sementara. Ketika efek alkoholnya menghilang, stres akan kembali datang.

Nah, salat satu cara yang baik dalam mengatasi stres lebih baik kalian perbanyak minum air putih. Dengan mengkonsumsi air putih justru akan mengurangi ketegangan dan tanpa disadari stres akan mengakibatkan cairan tubuh berkurang sehingga kondisi ini akan menimbulkan rasa letih pada tubuh. Oleh sebab itu dengan meminum banyak air putih dapat mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Disaat cairan tubuh pulih kembali, maka rasa letuh yang dirasakan akan mulai memudar, dengan begitu stres akan bisa teratasi.

3. Meditasi

Salah satu cara mengatasi stres yang paling ampuh adalah dengan meditasi. Ya, para pakar beranggapan bahwa dengan meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan pernapasan agar bisa terkonsentrasi dan terelaksasi. Dengan begitu pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah pun akan kembali normal. Kondisi ini tentu bisa menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Menurut hasil penelitian, meditasi selama 15 menit bisa memberikan efek yang sama pada kebugaran tubuh seperti olahraga selama 1 jam.

Baca Juga   Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

4. Berolahraga

Mungkin saja kalian bertanya-tanya, bagaimana bisa orang stres disuruh olahraga? Jangan salah, dengan olahraga tak hanya bisa menyehatkan tubuh saja tetapi menguatkan jiwa. Stres merupakan salah satu bentuk dari gangguan emosional jiwa. Maka olahraga bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya. Secara ilmiah, dapat dijelaskan bahwa dengan olahraga tubuh akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang mampu memberikan efek relaksasi pada pikiran. Selain itu olahraga juga memobilisasi otot, mempercepat peredaran darah dan membuka paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Dengan ini kondisi tubuh akan menjadi lebih stabil dan lebih sehat.

5. Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Cara mengatasi stres paling ampuh berikutnya adalah dengan menghindari makan berkarbohidrat tinggi. Namun sebagian orang melampiaskan stresnya ini dengan banyak makan sehingga akan membuat perut kenyang. Sayangnya, konsumsi makanan terutama yang mengandung karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang mengalami stres. Makanan dengan karbohidrat tinggi akan memicu tingginya kadar insulin dalam tubuh, akibatnya tubuh akan menjadi cepat lelah dan bad mood yang bisa saja menambah stres.

6. Istirahat Yang Cukup

Saat tubuh mulai lelah maka akan sulit mengendalikan tekanan yang dialami tubuh, apalagi mengatasi stres. Oleh sebab itu jangan paksakan tubuh untuk menjalani aktivitas yang padat secara terus-menerus. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat menyebabkan konsetrasi menurun dan tidak fokus dalam menghadapi berbagai masalah yang sedang dialami. Maka dari itu istirahatkan tubuh dengan waktu tidur yang cukup, yakni selama 7-8 jam sehari. Dengan aktivitas tidur dan istirahat yang cukup mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga saat bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar kembali dan siap menjalani aktivitas di kemudian hari.

Baca Juga   Tata Cara Sholat Yang Baik dan Benar

Itulah beberapa cara mengatasi stres paling ampuh dan paling mudah. Pasalnya hal ini dapat kita lakukan dimana saja tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Selain itu mengatasi stres dengan hal-hal yang positif akan memberikan danpak yang positif juga bagi tubuh maupun kesehatan kita. Sementara itu jangan sepelekan stres yang kita alami karena stres merupakan gangguan psikologis yang harus segera ditangani. Demikian informasi dari kami terus baca artikel PlayOn.co.id sebelumnya mengenai Syarat Membuat SKCK.

5/5 (1 Review)
Advertisement