Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Advertisement

Cara mengatasi isomnia 2019 – Isomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, ataupun tidak cukup tidur meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukanya. Gangguan tidur tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Susah tidur atau sulit tidur menjasi suatu masalah yang serius jika terjadi terus menerus sepanjang hari bahkan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit lainya.

Kualitas dan kuantitas tidur memang mempengaruhi kualitas hidup serta kesehatan seseorang secara keseluruhan. Dan tidur yang tidak cukup akan menimbulkan gangguan fisik dan mental. Pada umumnya, tubuh membutuhkan waktu tidur selama 8 jam dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh anda tetap fit. Lantas terdapat dua jenis insomnia yakni isomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer adalah insomnia yang tidak terkait dengan kondisi medis lain.

Sedangkan insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain, misalnya radang sendi, asma, depresi, kanker atau refluks asam lambung (GERD). Sementara itu insomnia sekunder juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan dan alkohol. Nah, jika anda mengalami insomnia sebaiknya kami rekomendasikan untuk segera di obati secara tepat agar tidak menimbulkan penyakit lainya karena kurangnya waktu tidur.

Nah, kondisi ini memang bisa menimpa siapa saja mulai dari anak-anak muda hingga orang yang sudah lanjut usia. Gangguan tidur ini bisa menyebabkan banyak efek buruk untuk tubuh dan menurunkan produktivitas. Jadi untuk mejaga kondisi kebugaran anda setiap hari kalian harus memenuhi kebutuhan tidur anda setiap hari. Dan berikut adala cara mengatasi insomnia secara alami tanpa harus menggunakan obat dokter.

Baca Juga   25 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan & Kecantikan

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

Untuk mengtasi susah tidur di malam hari atau insomnia ada beberapa cara alami yang bisa kalian lakukan di rumah. Dengan melakukan beberapa hal ini pastinya kualitas tidur anda di malam hari akan jauh lebih baik dibandingkan mereka yang mereka yang mengalami gangguan tidur. Selain itu insomnia juga akan membuat stamina kalian menurun sehingga kalian akan terlihat lemas, letih dan lesu. Nah berikut adalah beberapa cara mengatasi insomnia secara alami.

1. Mendapatkan sinar matahari pagi

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh kita adalah tidak menikmati sinar matahari pagi. Padahal dengan menikmati sinar matahari pagi selama 5 – 10 menit tubuh akan mendapat banyak manfaat yang salah satunya adalah mengatur kembali jam biologis yang kacau. Dengan berdiam diri dibawah sinar matahari pagi, jam biologis akan diperbaiki sehingga anda bisa tidur pada pukul 21.00 – 22.00 setiap harinya. Berjemur juga baik untuk daya tahan tubuh dan juga meningkatkan jumplah vitamin D yang ada di dalam tubuh.

2. Rutin berolahraga

Apabila anda jarang sekali melakukan olahraga saat pagi atau sore hari, ada baiknya untuk memulai kembali. Dengan melakukan olahraga, anda bisa memiliki tubuh yang lebih sehat serta peredaran darah yang lancar. Dengan kondisi ini tidur akan menjadi mudah terjadi karena tubuh yang lelah akan membutuhkan waktu beristirahat. Kalau anda baru melakukan olahraga lagi setelah beberapa tahun tidak melakukanya, coba lakukan joging atau lari singkat saja. Selanjutnya kalau mau melakukan olah raga di Gym, sebaiknya mungkin untuk tidak memilih alat-alat manual dan menggunakan beban yang terlalu berat.

3. Hindari tidur siang

Tidur siang atau napping yang dilakukan di waktu-waktu tertentu menyebabkan anda terjaga di saat malam. Kalau beristirahat saat siang, tidak perlu sampai tidur. Dengan melakukannya, anda tidak akan mengalami insomnia. Jatah tidur dimalam hari akan tetap ada sehingga begitu memasuki waktu 21.00, rasa kantuk akan muncul dengan mudah.

Baca Juga   Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

4. Tidak terlalu banyak makan pada malam hari

Makan terlalu banyak di malam hari mendekati jam tidur akan membuat anda menjadi begah. Kalau perut begah, kemungkinan bisa melakukan tidur sangat rendah. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tidak makan dan tubuh mengalami pencernaan yang lambat.

5. Menjauhi minuman dengan kandungan kafein

Nah guys, jika anda sering tidur hingga larut malam atau bahkan dini hari, sebisa mungkin jauhi minuman yang mengandung kafein. Kalau biasanya tidur pukul 23.00 setelah jam 21.00 jangan minum koffe atau sejenisnya yang memicu kondisi kantuk tidak muncul dan tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

6. Menurunkan kondisi stress

Salah satu cara untuk mempercepat rasa kantuk adalah dengan menurunkan kadar stress pada tubuh. Terkadang tekanan yang terlalu kuat membuat seseorang jadi gelisah dan akhirnya tidak bisa tidur lebih cepat dan nyenyak. Oleh karena itu, cobalah turunkan kondisi stress pada tubuh anda. Cara menurunkan stress dari tubuh ada banyak, anda bisa sesekali melakukan rekreasi dan membuang beban, sesekali melakukan sesi curhat dengan pasangan, atau melakukan meditasi untuk membuat pikiran lebih tenang.

7. Melakukan Seks atau Masturbasi

Beberapa orang yang sering mengalami gangguan tidur biasanya mudah terlelap setelah melakukan seks dan orgasme. Meski cara ini tidak bisa selalu diandalkan, akan tetapi tidak ada salahnya jika kalian mau mencobanya.

Dampak Insomnia Yang Berkelanjutan

Dampak dari insomnia ada banyak dan cukup mengganggu kehidupan sehari-hari. Dan berikut adalah beberapa hal yang akan muncul dan wajib di waspadai semua orang. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa anda alami.

  • Mengalami micro sleeping. Kondisi ini uncul jika tubuh sudah mulai kelelahan. Anda bisa mendadak mengalami tidur selama beberapa detik. Bisa dibanyangkan apa yang akan terjadi kalau anda mengalami micro sleeping saat berkendara. Kemungkinan terjadinya kecelakan cukup besar.
  • Memicu masalah kedsehatan yang cukup serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetess, hingga stroke.
  • Mematikan libido dan kemampuan seksual. Saat seorang jarang sekali tidur, energinya akan menjadi rendah sehingga sekspun terasa sangat menyulitkan. Kalau anda sering mengalami gangguan seks ada baiknya untuk segera memperbaiki kualitas tidur.
  • Mengalami depresi yang cukup berat. Terus mengantuk dan lemas setiap hari akan membuat anda menjadi tidak nyaman. Apalagi kalau sampai pekerjaan yang dilakukan mengalami penurunan. Masalah baru dikantor akan muncul kembali dan menyebabkan masalah yang jauh lebih serius
  • Sering kantuk dan kurang tidur akan menyebabkan daya ingat anjlok dengan cukup signifikan. Kemungkinan anda akan menjadi seorang pelupa akan besar.
  • Menyebabkan anda mengalami penuaan dini. Kondisi kurang tidur akan menyebabkan hormon pertumbuhan tidak bisa berjalan dengan maksimal dan tubuh akan jadi sering mengalami streess.
  • Menurunkan ekspetasi angka kemungkinan dari seseorang hidup seseorang. Dari penelitian yang dilakukan, insomnia dapat menyebabkan angka kemungkinan hidup anjlok 12 persen. Selain itu, kalau seseorang mengalami insomnia secara kontinu, setiap hari kemungkinan mengalami kematian bissa naik hingga 97 persen.
Baca Juga   Cara Mandi Wajib, Adab, dan Niat Sesuai Tuntunan Agama Islam

Nah guys, itulah beberapa cara mengatasi insomnia secara alami beserta dampak dari insomnia yang berkelanjutan. Insomnia atau gangguan tidur memang sangat mengganggu kondisi tubuh kita. Pasalnya dampak negatif yang bisa terjadi pada penderita insomnia memang cukup banyak, sehingga insomnia harus segera ditangani agar tidak membuat sarang penyakit lainya. Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa baca artikel sebelumnya di PlayOn.co.id mengenai Cara Memutihkan Wajah Secara Alami.

5/5 (2 Reviews)
Advertisement