9 Cara Mendaftar Paspor Online Paling Mudah 2019

Advertisement

Cara mendaftar paspor online 2019 – Nah, bagi anda yang ingin pergi ke luar negeri maka dokumen yang terpenting yang perlu anda miliki adalah paspor. Apa itu paspor ? Paspor merupakan salah satu dokumen resmi yang dapat digunakan sebagai identitas diri atau pengenal jika anda berada di negara Asing. Di dalam paspor yang kalian miliki akan tersedia berbagai informasi tentang negara asal si pemegang paspor, seperti nama lengkap, foto, tanda tangan, tempat dan tanggal lahir serta beberapa informasi penting lainya yang diperlukan ketika anda ingin masuk ke negara lain.

Dan tanpa paspor kalian tidak akan diperbolehkan untuk melewati imigrasi keberangkatan atau ketibaan dibandara, sehigga tidak mungkin anda untuk naik ke pesawat. Dan jika anda belum memiliki paspor dan ingin membuatnya maka anda bisa mengunjugi kantor imigrasi terdekat dan melakukan aplikasi disana. Akan tetapi di era yang modern ini proses pembuatan paspor sudah semakin canggih dan dapat dilakukan dengan cara online. Dengan cara ini kita hanya membutuhkan waktu kurang lebihnya 5 menit saja dalam pembuatan paspor. Jadi proses aplikasinya dapat dipersingkat dan lebih praktis, dari pada aplikasi secara manual datang kekantor imigrasi.

Namun jika kalian ingin membuat paspor dengan cara manul kalian harus datang ke kantor imigrasi lebih awal kira-kira jam 6 pagi untuk menghindari antrian. Sementara itu ada batasan jumplah pemohon tiap harinya. Nah untuk menghidari hal tersebut dan kalian juga tidak perlu ribet kami sarankan untuk mendaftar paspor secara online, agar lebih cepat dan lebih praktis. Saat ini paspor menjadi salah satu dokumen yang paling penting untuk kalian yang ingin pergi ke luar negeri, meksi itu hanya untuk liburan, masalah kerjaan atau bahkan untuk pergi umroh dan haji.

Akan tertapi meski anda sudah mendaftar paspor secara online, tapi kalian juga masih perlu mendatangi kantor imigrasi untuk melakukan verifikasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari dan foto. Tetapi anda juga bisa mem-booking kedatangan anda sebagai salah satu dari 200 pemohon tersebut dihari dan kantor imigrasi yang telah dipilih. Jadi anda tak perlu khawatir untuk mendapatkan slot di antara 200 pemohon tersebut dan tidak perlu datang pagi sekali untuk antri. Nah sobat dibawah ini ada bebepa Cara Mendaftar Paspor Online Paling Mudah dan Paling Gampang, dan berikut informasi lengkapnya.

Cara Mendaftar Paspor Online Paling Mudah 2019

Cara Mendaftar Paspor Online

1. Syarat Membuat Paspor Online

Sebelum membuat paspor secara online, ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu. Dulunya dokumen ini perlu di scan dan di upload ke website imigrasi. Akan tetapi kali ini anda hanya perlu memasukan data tersebut ke website imigrasi dan kemudian membawanya ke kantor imigrasi pada tahap verifikasi berkas. Dan berikut adalah beberapa dokumen yang perlu anda persiapkan.

1. Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akte kelahiran atau surat baptis
  • Akta pernikahan atau buku nikah, ijazah
  • Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor

2. Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka persyaratan pembuatan paspor adalah :

  • KTP kedua orang tua yang masih berlaku
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta kelahiran atau surat baptis
  • Buku nikah orang tua aatu akta nikah
  • Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya

Nah anda harus segera mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut sebelum anda benar-benar untuk mendaftar paspor online. Hal ini dikarenakan anda akan membutuhkan data dari masing-masing dokumen untuk aplikasi paspor online. Selain lebih praktis dan lebih cepat cara mendaftar paspor online juga sangat mudah dipahami jika anda memperhatikan langkah-langkahnya dari awal. Hal ini merupakan langkah awal dalam cara mendaftar paspor online.

2. Kunjugi Website Imigrasi

Kunjungi website imigrasi

Nah untuk cara yang kedua dalam cara mendaftar paspor online paling mudah adalah dengan mengunjugi website imigrasi. Hal ini anda lakukan jika semua syarat membuat paspor sudah lengkap dan sudah anda siapkan dengan baik. Dalam cara ini anda tinggal kuinjungi website nya di http://www.imigrasi.go.id. Dan setelah anda berhasil masuk dihalaman utama website, pilih opsi layanan Publik-Layanan Online, lalu pilih Paspor Online.

3. Pilih Pra Permohonan Personal

Pilih opsi pra permohonan personal

Selanjutnya dalam cara membuat paspor online berikutnya adalah dengan pilih opsi Pra Permohonan Personal. Hal ini anda lakukan jika anda sudah mesuk dalam website imigrasiĀ  serta sudah memiliki syarat-syarat yang lengkap untuk membuat paspor.

4. Isi Folmulir

Isi folmulir paspor

Untuk langkjh yang ke empat adalah anda harus mengisi folmulir pedaftaran. Hal ini sangatlah penting karena folmulir ini akan diisi mengenai data diri lengkap mengenai si pemohon. Ini juga merupakann salah satu langkah dalam cara mendaftar paspor online.

5. Lakukan Pembayaran dan Konfirmasi Pembayaran

Biaya pembuatan paspor

Selanjutnya ada juga biaya administrasi untuk dibayar saat mengurus paspor online. Dan semua data telah terisi dengan lengkap dan benar, maka kemudian kamu harus membayar biaya administrasi sesuai dengan tarif yang diberlakukan oleh pihak imigrasi. Dan setelah kamu melakukan pembayaran jangan lupa anda juga harus melakukan konfirmasi pembayaran terlebih dahulu ya.

Dalam melakukan pembayaran anda bisa langsung datang ke kantor Bank BNI terdekat dengan membawa bukti pengajuan paspor. Namun jika anda ingin membayarnya lewat ATM BNI maka anda perlu memilih menu pembayaran di ATM dan masukan nomor permohonan atau kode pembayaran. Kini untuk pembuatan paspor baru atau perpanjang paspor biasa dengan jumplah 48 halaman dikenakan biaya sebesar Rp 355.000, ditambah dengan biaya administrasi bank sebesar Rp 5.000, sehingga total pembayaran sebesar Rp 360.000.

6. Pergi Ke Kantor Imigrasi, Verifikasi Berkas dan Wawancara

Kantor imigrasi

Setelah permohonan masuk, cara mendaftar pospor online selanjutnya adalah dengan pergi ke kantor imigrasi. Nah, setelah anda melakukan semua proses permohonan paspor dengan via online di website imigrasi, langkah berikutnya anda harus pergi kekantor imigrasi untuk melakukan verifikasi berkas dan melakukan wawancara. Dan biasanya untuk wawancara yang sering ditanyakan adalah mengenai tujuan kamu membuat paspor. Untuk jadwalnya kamu juga bisa memilih sendiri.

7. Ambil Paspor

Ambil paspor

Nah guys, setelah proses pembuatan paspor selesai dengan cara mendaftar paspor online, kamu tinggal menggambil paspornya. Untuk pengambilan paspor biasanya dilakukan pada 3 atau 4 hari kerja setelah proses tersebut dan anda dapat datang lagi ke lokasi anda mengajukan paspor untuk mengambil paspor. Dan kami sarankan jangan sampai menunda pengambilan paspor, kerena pihak imigrasi sudah menyiapkan paspor-paspor yang siap diambil sesuai hari yang sudah ditentukan.

Nah guys setelah memahami langkah-langakah cara mendaftar paspor online diatas berserta keterangan penting lainya. Dan jika anda mengikuti semua langkah dengan benar, maka anda bisa membuat paspor dengan cepat dan juga praktis. Dan dengan ketersediaan membuat paspor secara online kini anda tak perlu lagi ribet dan berngkat lebih awal untuk mengatri di kantor imograsi dalam mengajukan permohonan membuat paspor.

Tak hanya itu saja, anda juga tak perlu kahwatir jika anda tidak termasuk dalam dalam batasan jumplah pemohon paspor tiap harinya di kantor tersebut. Cukup dengan melakukan registrasi online kemudian tentukan pilihan kantor imigrasi dan harinya kemudian datang dihari tersebut dengan membawa persyaratan lengakap. Dan tunggu 3 atau 4 hari kerja, maka paspor baru anda sudah jadi. Nah gimana guys cukup mudahkan ? demikian informasi dari kami jangan lupa terus baca artikel terbaru kami mengenai Syarat Membuat Paspor di ulasan PlayOn.co.id sebelumnya.

0/5 (0 Reviews)
Advertisement