20 Cara Mendaftar BPJS Online 2019 dan Syaratnya

Advertisement

Cara Mendaftar BPJS Online 2019 – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau disingkat BPJS Kesehatan merupakan salah satu program Pemerintah Indonesia untuk menjamin kesehatan seluruh rakyat Indonesia. Program asuransi kesehatan ini telah berjalan sejak tanggal 1 Januari 2014 dibawah naungan BUMN yang sebelumnya bernama PT. Askes Indonesia. Sekarang semua orang warga Indonesia bisa mendaftar layanan tersebut, namun setiap bulannya harus membayar iuran yang disesuaikan dengan kelasnya.

Biaya iuran BPJS tergolong sangat murah dibandingkan Asuransi Kesehatan lainnya. Hal ini tak lepas dari janji Pemerintah Indonesia untuk memberikan jaminan kesehatan bagi semua warganya. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga meluncurkan KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang memberikan jamin kesehatan untuk warga miskin dan kurang mampu tanpa perlu membayar iuran sepeserpun.

Warga yang mendapatkan kartu KIS bisa berobat maupun rawat inap secara gratis, namun hanya berhak atas kelas 3. Kartu KIS hanya dikhususkan untuk warga kurang mampu yang nantinya akan mendapatkan bantuan iuran dari pemerintah. Sedangkan bagi warga yang terkategori mampu harus membayar iurang setiap bulannya yang terbagi dalam kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Proses mendaftar BPJS Kesehatan juga sangat mudah, dan untuk mengetahui apa saja syaratnya silahkan simak dibawah ini.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

Cara Mendaftar BPJS Online

Ada dua cara mendaftar BPJS kesehatan, yaitu secara online dan secara langsung (offline). Namun sebelum melakukan proses pendaftaran, ada beberapa dukumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu dan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, dan Paspor
  2. Kartu Keluarga (KK) terbaru yang akan diikut sertakan sebagai peserta BPJS Kesehatan
  3. Bagi yang sudah menikah harus menyiapkan buku nikah
  4. Fotocopy buku tabungan Sebagai penanggung biaya
  5. Pas Foto 3×4 sebanyak 2 Lembar

Dokumen di atas lebih dikhususkan untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara offline dengan datang langsung kantor cabang BPJS di masing-masing daerah. Sedangkan cara mendaftar BPJS Online sebenarnya lebih simple dan mudah karena semuanya dilakukan secara digital dengan sistem online yang lebih praktis dan modern.

Cara Mendaftar BPJS Online

Cara Mendaftar BPJS OnlineHadirnya layanan BPJS Online mempermudah masyarakat Indonesia untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan tanpa perlu mengantri berlama-lama dikantor cabang BPJS Kesehatan di masing-masing daerah. Kita hanya perlu duduk manis di depan komputer maupun laptop, lalu membayar biaya pendaftaran melalui Bank ataupun melalui Payment Point Online Bank (PPOB). Nah bagi yang belum tahu cara mendaftar BPJS Online, silahkan simak informasinya dibawah ini.

  1. Cara mendaftar BPJS Online yang pertama adalah mengujungi website resmi BPJS yang beralamatkan di www.bpjs-kesehatan.go.id
  2. Setelah masuk ke dalam website resmi BPJS, selanjutnya memilih menu “Layanan” lalu klik “Pendaftaran Peserta“. Setelah itu akan muncul halaman pendaftaran peserta yang berisi mengenai syarat dan ketentuan dalam mendaftar BPJS Online.
  3. Silahkan baca dengan seksama semua syarat dan ketentuan yang diberikan, lalu klik tanda cawang yang bertuliskan “Saya menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan layanan pendaftaran BPJS Kesehatan”.
  4. Selanjutnya tinggal klik tombol “Pendaftaran” pada pojok kanan bawah.
  5. Kemudian halaman akan berpindah ke halaman User Manual Pendaftaran. Padahal halaman tersebut kita disuruh memilih jenis kepersetaan yang terdiri dari Pekerja Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja. Silahkan pilih salah satunya sesuai kebutuhan, lalu kita isikan nomer KK dan masukan kode captcha sesuai gambar yang muncul. Setelah itu tinggal klik “Inquery Kartu Keluarga
  6. Selanjutnya akan muncul daftar anggota keluarga secara otomatis sesuai data yang tertera pada KK. Setelah muncul, tinggal memilih anggota keluarga yang akan didaftarkan BPJS, lalu klik tombol “Proses Selanjutnya” yang berada dibagian bawah.
  7. Halaman berikutnya akan berisi form mengenai Nomer HP, NPWP, dan cari kelurahan dengan menekan tombol “Pencarian”.
  8. Kemudian centang kotak pernyataan bahwasanya alamat yang dimasukan sudah sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP.
  9. Setelah itu tinggal memilih Faskes Tingkat 1. Silahkan cari menggunakan tombol pencarian dan pilih Faskes Tingkat 1 sesuai lokasi terdekat dari rumah, bisa Puskesmas, Dokter Pribadi, atau Klinik
  10. Pemilihan Faskes Tingkat 1 sangat penting untuk meminta rujukan saat ingin berobat ataupun rawan inap. Jadi silahkan pilih Faskes Tingkat 1 yang lokasinya terdekat dengan alamat yang tertera pada KTP agar tidak kesulitan saat ingin meminta rujukan.
  11. Proses cara daftar BPJS Online selanjutnya adalah disuruh Upload Foto dengan ukuran maksimal 50 kb. Setelah foto dipilih, kemudian klik tombol “Proses Selanjutnya”. Apabila ukuran foto terlalu besar, maka silahkan simak informasi kami mengenai “Cara Mengecilkan Ukuran Foto” agar ukurannya sesuai dengan yang ditentukan.
  12. Kemudian kita harus melengkapi formulir data yang terdiri dari :
    • Nama peserta anggota keluarga yang akan didaftarkan BPJS
    • Selanjutnya memiliki kelas perawatan yang terdiri dari kelas 1, kelas 2, dan kelas 3
    • Kemudian masukkan nomor rekening bank yang dimiliki beserta nama pemilik rekening
    • Setelah itu tinggal masukan Nomor HP dan alamat email serta konfirmasi alamat email
    • Yang terakhir silahkan isi kode Captcha, lalu klik “Kirim Email
  13. Proses selanjutnya adalah melakukan konfirmasi email. Silahkan buka email sesuai yang kita masukan pada formulir pendaftaran BPJS Online. Apabila tidak muncul, coba periksa folder Spam atau Junk.
  14. Setelah email dibuka, maka akan ada URL Aktivasi. Lalu klik URL tersebut dan anda akan mendapatkan nomer Virtual Account (VA).
  15. Cara mendaftar BPJS Online selanjutnya tinggal melakukan pembayaran di Bank sesuai dengan Virtual Account yang diberikan melalui Bank Mandiri, BRI, atau BNI
  16. Setelah melakukan pembayaran, kemudian kita dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada email notifikasi nomer registrasi
  17. Kartu bisa kita cetak sendiri dengan tinta biasa atau datang ke kantor BPJS terdekat untuk mencetak kartu peserta BPJS Kesehatan.
  18. Kartu yang sudah dicetak bisa dibawa saat berobat sebagai bukti sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan beserta identitas pendukung berupa KTP
  19. Apabila berusia dibawah 17 tahun kami sarankan untuk membawa KK sebagai identitas pendukung
  20. Jangan lupa membayar iuran setiap bulan sesuai kelas yang dipilih selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulan

Syarat Pengambilan Kartu BPJS Kesehatan

Syarat Mendaftar BPJSCara mendaftar BPJS Online memang mudah dan bisa menghemat waktu tanpa perlu datang secara langsung ke kantong cabang BPJS Kesehatan. Namun bagi yang ingin mendapatkan kartu BPJS Kesehatan, maka wajib datang ke kantor cabang dengan membawa beberapa persayaratan yang sudah kami rangkum dibawah ini.

  1. Mengisi formulir yangs sudah disediakan
  2. Membawa 1 lembar fotocopy KTP dan KK.
  3. Membawa 1 lembar pas foto peserta ukuran 3×4.
  4. Menyiapkan Virtual Account atau e-ID yang dicetak yang sebelumnya di dapatkan saat mendaftar BPJS Online.
  5. Membawa bukti pembayaran iuran BPJS Kesehatan dari bank/PPOB.

Biaya Iuran BPJS Kesehatan

Biaya Iuran BPJSBPJS Kesehatan memang tak gratis. Kita harus membayar iuran setiap bulan dengan nominal berdasarkan kelas yang dipilih saat mendaftar BPJS Online maupun secara offline. Ada 3 kelas yang tersedia, yaitu kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Biaya masing-masing kelas juga berbeda, dan untuk mengetahui berapa besaran biaya iuran BPJS setiap bulannya, silahkan simak dibawah ini.

KelasIuran Perbulan
Kelas 1Rp. 80.000
Kelas 2Rp. 51.000
Kelas 3Rp. 25.500

Animo masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan memang sangat besar. Hal ini membuat proses pendaftaran berlangsung sangat lama. Oleh karena itulah kami sarankan untuk mendaftar secara online agar lebih praktis dan tak perlu membuang banyak waktu dengan mengatri di kantor cabang BPJS Kesehatan yang sudah tersebar di setiap kota di Indonesia.

Meski harus membayar iuran setiap bulannya, namun BPJS Kesehatan sangat membantu untuk berjaga-jaga jika nantinya kita mendapatkan musibah yang tidak dinginkan. Silahkan mengikuti cara mendaftar BPJS Online yang kami sampaikan di atas. Simak pula informasi mengenai “Cara Membuat Sim Online” pada artikel playon.co.id sebelumnya. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Advertisement