11 Cara Cepat Menurunkan Panas Anak

Cara Cepat Menurunkan Panas Anak – Terkadang sebagai orang tua, kita selalu di buat panik ketika badan si kecil tiba – tiba panas, apalagi bagi anda yang baru memiliki anak, tentunya hal ini akan membuat hati gundah. Ditambah panas badan lebih dari angka 37° C, rasa panik pastinya ada di benak masing – masing orang tua. Namun perlu di ketahui, panas pada anak biasanya di sebabkan karena tubuh sedang berusaha melawan infeksi ataupun virus penyakit yang masuk kedalam bagian tubuh.

Biasanya penyebabnya di karena makanan, ataupun karena si anak seringkali memasukan benda asing kedalam mulut, atau bisa juga disebabkan pergantian cuaca yang ekstrim, sehingga membuat si anak kurang fit dan mudah terjangkit penyakit. Kadangkan panas atau demam pada anak ini naik turun, waktu malam hari panas akan lebih berasa di banding saat di pagi hari. Beberapa anak mungkin tidak menunjukan gejala yang langsung terlihat ketika akan demam, pasalnya seringkali anak masih saja tetap aktif.

Terlepas dari itu semua, anda tidak perlu terlalu khawatir, pasalnya ada beberapa cara yang cukup efektif untuk menurunkan panas / demam pada anak, yang dapat anda lakukan langsung di rumah. Cara cepat menurunkan panas anak tidak sesulit ataupun serumit yang anda kira, karena bisa memanfaatkan apa yang ada di dalam rumah, jelas yang pertama anda harus lakukan adalah mengukur suhu tubuh anak dengan menggunakan pengukur suhu atau termometer, agar lebih pasti mengetahui seberapa panas si anak.

Selanjutnya anda dapat mengkompres bagian dahi dengan menggunakan kain yang sebelumnya telah di masukan kedalam air hangat, lalu di peras dan di tempelkan pada bagian tersebut, hal ini sebaiknya anda lakukan berulang – ulang untuk memastikan suhu benar benar turun. Kemudian cara cepat menurunkan panas anak selanjutnya masih ada banyak lagi, yang bisa anda ketahui selengkapnya dibawah ini.

Cara Cepat Menurunkan Panas Anak (Demam)

Cara Cepat Menurunkan Panas Anak

Cara Cepat Menurunkan Panas Anak

1. Mengoleskan Ramuan Tradisional Berupa Bawang Merah

Cara cepat menurunkan panas anak yang pertama ini bisa dengan menggunakan bawang merah, adapun caranya juga sangat mudah, yakni potong bawang merah atau memarutnya dengan parutan kasar, lalu campurkan bersama minyak kelapa, tapi kalau tidak ada minyak tersebut bisa di ganti minyak kayu putih, kemudian balurkan ke bagian tubuh, selanjutnya ampas dari bawang di taruh pada bagian dahi. Karena pada dasarnya bawang merah memiki kandungan minyak atsiri yang punya manfaat besar untuk turunkan panas.

2. Kompores Anak Dengan Air Hangat

Awal anak terserang demam dapat anda mengkompresnya menggunakan air hangat pada bagian dahi, hanya saja untuk cara cepat menurunkan panas anak yang kedua ini biasanya berjalan sementara, tapi setidaknya bisa di lakukan lebih awal agar demam anak lekas turun.

3. Menjaga Suhu Ruangan (Kamar)

Mengatur suhu ruangan atau kamar si anak terbukti cukup efektif guna menurunkan panas dari si anak. Usahakan suhu pada posisi paling nyaman, tidak terlalu dingin maupun terlalu panas, agar anak dapat beristirahat dengan waktu yang cukup, sehingga bisa dengan cepat pulihkan kondisi tubuh.

4. Menyeka Dengan Air Hangat

Di samping mengkompres dengan air hangat, anda bisa lakukan cara menurunkan panas anak dengan menyeka tubuh si anak menggunakan air hangat, bukan air dingin, karena kalau nantinya menggunakan air dingin, tubuh si anak bakal menggigil dan menjadikan suhu tubuh naik untuk mentolerir rasa dingin pada anak. Cara cepat menurunkan panas anak yang ini setidaknya dapat membuat suhu panas turun sekitar 1 hingga 2° C.

5. Pakaikanlah Pakaian Tipis

Meskipun demam terjadi ketika di malam hari, anda tidak apa memakaikan pakaian tipis terhadap anak, karena cara cepat menurunkan panas anak ini dapat membuat suhu panas tubuh lebih mudah keluar.

6. Meminumkan Ibuprofen / Parasetamol

Untuk mendapatkan obat yang kami sebut tadi, yaitu parasetamol maupun ibuprofen tidaklah sulit, karena anda bisa peroleh di apotik tanpa harus menggunakan resep obat. Akan tetapi dengan catatan, setelah membelinya sobat harus tanya cara meminumkannya, seberapa besar dosis yang pas atau sesuai dengan anak anda, karena beda umur pastinya beda dosis. Di ketahui ibuprofen memang lebih cepat menurunkan panas pada anak, tetapi tidak cocok bagi anak berumur 6 bulan kebawah, sebagai gantinya dapat gunakan parasetamol yang memiliki sifat lebih lamban menurunkan panas.

7. Memberikan Vitamin C

Kekurangan vitamin C akan mengurangi kekebalan tubuh pada si anak. Selain itu juga vitamin c yang mempunyai sifat anti radang, dapat digunakan untuk meredakan peradangan yang menjadi satu penyebab demam pada anak. Namun perlu di mengerti, meminumkan vitamin C ada aturan dosisnya, sebelumnya anda bisa tanyakan terlebih dahulu terhadap dokter.

8. Minum Air Putih Dalam Jumlah Banyak

Suhu panas dalam tubuh membuat anak kehilangan cairan, untuk itu ada baiknya anda memeberikan minum dalam jumlah lebih banyak dari yang biasanya. Tidak hanya itu, minum air hangat merupakan salah satu cara cepat menurunkan panas anak, karena bisa mempercepat proses keluarnya panas dalam tubuh.

9. Memijat Anak

Sebagai ibu, anda dapat memberikan pijatan lembut terhadap anak ketika demam, tetapi bila merasa kurang mantap, anda bisa membawanya ke tukang pijat anak, pasalnya orang tersebut lebih berpengalaman, disamping itu memijat anak dengan minyak gosok seperti minyak telon dapat membuka pori – pori kulit, sehingga pada pada tubuh cepat keluar, sekaligus cara cepat menurunkan panas anak yang ini dapat memperlancar peredaran darah, alhasil tubuh anak menjadi lebih fresh nantinya.

10. Minum Teh Herbal

Memberikan minum berupa teh herbal ataupun minuman lain yang berbau herbal seperti teh herbal lemon balm, diketahui bermanfaat menurunkan panas anak.

11. Memberikan Makan Dalam Jumlah Banyak

Nafsu makan ketika anak demam biasanya akan menurun, hal ini justru akan membuat kondisi anak semakin lemah, untuk itu anda harus bisa membuat anak mau makan dalam jumlah banyak, agar kondisi badan cepat membaik, namun makanan disini tentunya haruslah bergizi, bisa di mulai dengan bubur, roti maupun biskuit khusus anak.

Satu lagi yang perlu anda tau, ketika semua cara di atas sudah di lakukan, dan dalam kurun waktu yang lama demam itu tetap berlangsung pada si anak, sangat di anjurkan untuk segera di bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Berikut beberapa hal yang perlu di waspadai ketika si anak demam.

Hal Yang DI Waspadai Ketika Anak Demam

Hal Yang Perlu Di Waspadai Ketika Anak Demam

  • Bayi umur 3-6 bulan demam dengan suhu mencapai 39° C atau lebih.
  • Mengalami muntah dan diare.
  • Bayi berumur 3 bulan mengalami demam dengan panas mencapai 38° C atau lebih.
  • Demam tak kunjung membaik lebih dari 5 hari
  • Kulit terlihat ruam merah
  • Panas yang menyebabkan kejang
  • Demam penyebab dehidrasi pada bayi, ditandai dengan, popok kering, menangis tanpa air mata, dan mulut kering

Bagaimana ? sekarang sudah tau kan cara atau langkah ketika si anak panas ataupun demam, yang jelas sobat harus waspada terhada segala apa yang terjadi pada anak, biar tidak ada penyesalan nantinya. Jikalau ada yang tidak beres pada kesehatan anak, ada baiknya langsung konsultasikan terhadap dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat agar si buah hati tetap sehat dan ceria. Disamping tips di atas, kami juga punya tips berbau teknologi, seperti Cara Mengecilkan Ukuran Foto Dengan Cara Paling Mudah.

Evo Falisha

Mengawali kakir sebagai sekertaris di salah satu perusahaan hingga 2015, dan kini memutuskan untuk menjadi bagian dari Playon.co.id untuk menjadi content writer karena memiliki ketertarikan dengan dunia gadget dan terknologi.