Cara Atasi Insomnia Secara Efektif dan Ampuh 2019, Tanpa Obat

Advertisement

Cara Atasi Insomnia – Susah tidur di waktu malam hari memang sangat menyebalkan, apalagi bila hal tersebut terjadi ketika kita sudah benar – benar merasakan capek setelah beraktifitas seharian, dan di esok harinya kita akan aktifitas kembali. Tentu bila sudah demikian, di pagi hari bakal merasakan lesu & letih yang berlebihan. Namun terlepas dari hal itu, beberapa orang yang mengalami susah tidur atau yang sering disebut sebagai insomnia bakal mengkonsumsi obat penenang, dimana bila hal tersebut dilakukan dalam rentan waktu lama, tentunya dapat memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

Akan tetapi sekarang ini anda tidak perlu khawatir atau mengkonsumsi obat – obatan lagi, karena sebenarnya ada berbagai macam cara atasi insomnia yang terbilang cukup efektif, dan tentunya bakal menghindarkan anda dari efek buruk akibat penggunaan obat yang secara terus menerus. Namun sebelum berbicara lebih jauh akan cara mengatasi susahnya tidur, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu apa yang menjadi sebab anda terserang insomnia, agar ketika menerapkan cara yang bakal kami sampaikan nanti dapat bekerja secara optimal.

Penyebab Insomnia

  • Rasa Khawatir Berlebih

Kekhawatiran terhadap sebuah masalah kehidupan yang berlebihan ternyata dapat berimbas kepada seseorang mengalami kesusahan tidur

  • Kondisi Medis

Yang di maksud disini bila anda mengalami beberapa kondisi penyakit seperti sleep apnea, asma, ataupun kanker biasanya akan membuat orang mengalami insomnia

  • Stres

Terkadang beban berat seperti tekanan di waktu kerja akan membuat seseorang mengalami stres, dan karena stres itu tadi dapat menjadi penyebab susah tidur

  • Psikologis

Masalah psikologi diantaranya seperti trauma mendalam akan sebuah kejadian yang telah lampau atau yang baru terjadi dalam waktu dekat

  • Depresi

Perasaan emosional datar atau ketika putus asa melanda diri seseorang bakal berakibat depresi, sehingga dari depresi ini membuat seseorang tersebut terjaga sepanjang malam

Baca Juga   Manfaat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan & Kecantikan

Nah, bila sudah mengerti apa yang menjadi penyebab anda terkena insomnia, sekarang tinggal simak ulasan cara atasi insomnia secara ampuh berikut ini.

Daftar Cara Atasi Insomnia Secara Efektif

Daftar Cara Atasi Insomnia Secara Efektif

Daftar Cara Atasi Insomnia Secara Efektif

Cara Mengatasi Insomnia

  • Mengatur Tempat Tidur

Dalam hal ini anda bisa mengatur tempat tidur, seperti meposisikan dengan tepat akan bantal atau kasur yang anda gunakan, agar posisi tidur benar – benar nyaman. Karena bila posisi leher atau kepala yang salah atau tidak nyaman, akan membuat seseorang susah tidur. Meski sepele, cara ini terbukti efektif, apalagi jika anda mengganti pula sprei berbahan sejuk dan bantal yang empuk, tentunya tidur menjadi lebih mudah.

  • Tinggalkan Kebisaan Mengkonsumsi Alkohol

Ada anggapan jika dengan mengkonsumsi alkohol dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang, tapi ternyata hal itu salah, karena ketenangan itu hanya sementara, jika efek alkohol sudah hilang, rasa gelisah bisa jadi muncul kembali. Tidak hanya itu saja, efek konsumsi alkohol lainnya dapat membuat anda susah tidur dan merusak pola tidur, maka dari itu tinggalkanlah kebiasaan buruk ini, dan menjalankan pola hidup sehat.

  • Konsumsi Coklat

Sebagian orang beranggapan mengkonsumsi coklat sebelum tidur dapat memberikan efek gemuk setelahnya, tapi sekalipun demikian, dengan kandungan zat yang terdapat pada coklat ini justru menjadi obat penenang alami, sehingga lebih mudah untuk tidur.

  • Makan Makanan yang Mengandung Tryptophan

Perlu anda ketahui, Trytophan merupakan sejenis bahan kimi yang dapat merangsang otak seseorang agar cepat tidur. Kandungan zat tersebut memang tidak di hasilkan secara langsung oleh tubuh, tapi bisa anda dapatkan pada Ayam Kalkun, Ikan Tuna, Kacang Kedelai, Keju Cair dan Daging Ayam.

  • Olahraga Teratur

Untuk mengurangi stres pada diri bisa dengan olahraga secara teratur, karena dengan badan yang lebih fresh dan tubuh yang lebih bugar, bukan hanya stres saja yang hilang, tetapi bisa membuat anda menjadi lebih mudah tidur.

  • Buat Diri Anda Nyaman dan Tenang

Anda bisa mendapatkan rasa nyaman dan tenang melalui alunan sebuah musik slow atau beretempo lambat, dan paling penting, matikanlah ponsel anda ketika mau tidur, agar anda menjadi jauh lebih tenang tanpa ada gangguan dan rasa ingin membuka ponsel yang membuat kita ketagihan serta lupa waktu.

  • Matikan Lampu

Kondisi gelap cenderung membuat seseorang lebih mudah untuk tidur terlelap dibanding kondisi kamar dengan nyala lampu.

  • Kurangi Segalah Hal yang Berbau dengan Kafein

Kafein ini biasanya terdapat pada kopi, maka dari itu jika anda mengalami kesusahan tidur atau insomnia, bisa jadi dari efek kafein didalam kopi, makanya bila anda ingin cepat tidur, sebaiknya hindari minum kopi, kalaupun tidak bisa menghindarkan kebiasaan minum kopi di malam hari, bisa dengan mengkonsumsinya 2 atau 3 jam sebelum jam tidur yang anda inginkan, sehingga pada jam yang sudah sobat tentukan, nantinya anda dapat tidur dengan mudah.

  • Atur Kebiasaan

Kebiasaan yang salah terutama dalam urusannya dengan mengatur waktu tidur, dapat membuat anda sudah untuk tidur dalam waktu cepat, apalagi pada anak – anak, untuk itu bila menginginkan waktu yang tepat, mulai sekarang biasakannlah tidur tidak melebihi waktu yang anda inginkan atau suruhlah anak untuk tidur pada waktu yang tepat, jadi dengan sendirinya anda bakal lebih mudah dan cepat tertidur.

  • Akar Ginseng

Perlu anda ketahui, akar ginseng merupakan obat tidur yang sudah ada sejak 2000 tahun lalu, bahkan dalam sebuah penelitian menyatakan dengan mengkonsumsi ekstrak ginseng dapat membantu mengatasi insomnia dan membantu menjaga pola tidur.

  • Terapkan Pola Hidup Sehat

Dengan pola hidup sehat, tentunya selain menciptakan efek nyaman dan tubuh yang sehat, juga dapat mengurangi rasa tekanan pada diri, stres maupun depresi, sehingga dengan demikian tidur menjadi jauh lebih mudah tanpa melakukan cara – cara yang telah kami sebutkan di atas.

Baca Juga   Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan WAJIB TAHU

Bagaimana mengenai cara atasi insomnia di atas ? anda patut mencoba salah satu diantara cara – cara yang telah kami sebutkan bila mengalami kesusahan tidur. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Atasi Insomnia, anda juga bisa mengetahui Obat Alami Demam Berdarah, Cara Mengobati Inusitis, Manfaat Daun Binahong, dan informasi unik serta penting lainnya dari berbagai hal hanya di PlayOn.co.id

5/5 (1 Review)
Advertisement